Kompas.com - 20/04/2020, 19:19 WIB
ilustrasi sakit tenggorokan shutterstockilustrasi sakit tenggorokan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu mengalami tenggorokan panas? Masalah ini kadang bisa membuat tidak nyaman, bahkan sampai mengganggu pencernaan karena kesulitan menelan.

Tak hanya disebabkan oleh mengonsumsi makanan dan minuman yang panas, tenggorokan terasa panas juga dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan tertentu yang sebaiknya jangan diremehkan. Lantas, apa saja penyebabnya?

Penyebab sensasi terbakar atau panas di tenggorokan bisa terjadi karena kondisi biasa saja hingga masalah kesehatan yang serius. Masalah ini juga bisa disertai oleh gejala-gejala lain.

Beberapa penyebab tenggorokan panas yang mungkin terjadi, di antaranya:

Radang tenggorokan

Radang tenggorokan adalah infeksi tenggorokan yang sering terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri streptokokus grup A, dan dapat menyebar melalui udara.

Radang tenggorokan bisa menyebabkan tenggorokan panas dan sakit sehingga sulit menelan. Tak hanya itu, penyakit ini juga bisa menimbulkan pembengkakan amandel, ruam, mual, muntah, dan demam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 8 Cara Mudah Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Batuk pilek

Ketika mengalami batuk pilek, kamu mungkin pernah merasakan tenggorokan terasa panas. Infeksi virus dapat menyebabkan masalah ini, namun umumnya bukanlah hal yang serius.

Selain membuat tenggorokan panas, batuk pilek juga bisa membuat hidung tersumbat dan berair, bersin-bersin, batuk kering atau berdahak, pegal-pegal, sakit kepala bahkan demam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.