Kompas.com - 08/05/2020, 09:25 WIB

KOMPAS.com – Bagi hampir seluruh masyarakat, Ramadhan tahun ini sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Banyak aktivitas yang tidak lagi bisa dilakukan karena selama pandemi ini pemerintah mewajibkan masyarakat untuk beribadah dari rumah.

Dalam survei yang diadakan SurveySensum COVID-19 Consumer Behaviour Track, sebanyak 62 persen responden mengatakan yang paling berbeda adalah mereka tidak bisa lagi beribadah ke masjid. Sebanyak 43 persen menatakan banyak interaksi sosial yang tidak bisa dilakukan, seperti bertemu teman atau buka puasa bersama.

Survei itu dilakukan pada 18-20 April 2020 terhadap 500 responden di 10 kota besar di Indonesia.

Dengan begitu banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah, kegiatan dalam rumah yang dilakukan masyarakat selama bulan Ramadhan tahun ini lebih bervariasi.

Setidaknya 67 persen masyarakat lebih sering menonton televisi, dan 55 persen masyarakat lebih sering menonton video YouTube serta berselancar di media sosial.

Bermain gim video pun dilakukan oleh 1 dari 3 masyarakat di Indonesia.

“Karena aktifitas di dunia digital meningkat, pengeluaran masyarakat untuk kategori digital pun naik. Pengeluaran 23 persen masyarakat untuk pulsa internet di ponsel lebih besar dibanding Ramadhan tahun lalu. Begitu pula pengeluaran untuk berlangganan internet di rumah bagi 18 persen konsumen kami,” kata CEO SurveySensum & NeuroSensum, Rajiv Lamba.

Baca juga: Sambung Kebersamaan Ramadhan dengan Silaturahmi Virtual selama Pandemi Covid-19

Kesibukan di luar dunia digital tak seluruhnya ditinggalkan selama pandemi COVID-19. Masyarakat lebih sering melakukan kegiatan seperti berkebun, memasak, membersihkan rumah, membaca buku, dan berolahraga.

Pada bulan Ramadhan ini, lebih dari 50 persen konsumen mengisi waktu dengan berkebun, bersih-bersih, dan memasak.

Aktifitas lain yang meningkat selama Ramadhan 2020 yaitu bermain gim, kursus online, olahraga melalui aplikasi, dan menonton film melalui media Over-The-Top (OTT).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.