Berbagai Tips Puasa di Tengah Pandemi Virus Corona

Kompas.com - 04/05/2020, 22:17 WIB
Ilustrasi makanan manis dan buah-buahan ShutterstockIlustrasi makanan manis dan buah-buahan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berpuasa di tengah pandemi virus corona Covid-19 bukanlah perkara mudah. Sebab, tubuh harus menahan rasa lapar dan haus, sekaligus menjaga sistem imun agar terhindar dari berbagai macam virus.

Puasa kali ini mungkin terasa lebih berat dari biasanya. Di tahun-tahun sebelumnya, bulan puasa kita tidak dihantui oleh virus corona. Sementara ibadah puasa saat ini harus dijalani lebih bijak dan hati-hati lagi, guna menghindari penyebaran virus corona.

Di saat puasa, tubuh harus terhindar dari berbagai macam penyakit agar tetap bugar dan prima dalam menahan segala dahaga. Hal ini dapat diraih jika sistem imun tubuh terjaga.

Menjaga sistem imun tubuh menjadi lebih penting saat berpuasa di tengah pandemi virus corona. Sebab, tubuh cenderung lebih "ringkih" saat tidak makan dan minum untuk jangka waktu yang lama. Maka dari itu, kenalilah tips puasa di tengah pandemi virus corona ini.

1. Tidur yang cukup

Menjaga pola tidur adalah tips puasa yang sangat penting, terutama di tengah pandemi virus corona. Sebab, kekurangan waktu tidur akan membuat kita lebih rentan terserang penyakit.

Dalam sebuah riset, para responden yang kurang tidur, terbukti lebih rentan terserang penyakit pilek, dibandingkan mereka yang cukup tidur.

Maka dari itu, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk sering begadang di malam hari, supaya bisa tidur panjang di siang hari.

Tidurlah yang cukup. Orang dewasa direkomendasikan tidur selama 7-9 jam di malam hari.

Baca juga: Waspada, Kurang Tidur Bisa Kacaukan Kinerja Tubuh

2. Perbanyak makanan nabati

Halaman:
Baca tentang


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X