Waspada, Kurang Tidur Bisa Kacaukan Kinerja Tubuh

Kompas.com - 08/03/2020, 21:15 WIB
Ilustrasi kurang tidur g-stockstudioIlustrasi kurang tidur

KOMPAS.com - Bagi banyak orang, tidak ada yang lebih baik dari merebahkan diri di ranjang yang nyaman setelah seharian bekerja keras dan akhirnya tiba waktu tidur.

Bagaimanapun, tidur adalah cara terbaik bagi kita untuk beristirahat. Selain itu, memenuhi kebutuhan tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Tidur yang berkualitas juga membantu tubuh kita rileks dan pulih, serta menghilangkan semua racun yang menumpuk di otak saat kamu terjaga.

Baca juga: Awas, Kurang Tidur Terbukti Turunkan Kualitas Sperma

Ini juga memengaruhi hampir semua jenis jaringan dan sistem dalam tubuh, baik itu paru-paru, otak, jantung, kemampuan tubuh melawan penyakit, melancarkan metabolisme, menyediakan fungsi kekebalan tubuh yang tepat, dan bahkan memengaruhi suasana hati kita.

Karena itu jika kamu tidak tidur dengan baik, kamu tidak akan dapat mempertahankan jalur di otak yang diperlukan untuk membantu menciptakan kenangan dan mempertahankannya.

Bukan hanya itu, kurang tidur akan membuat kamu lebih lambat, lebih sulit berkonsentrasi, dan umumnya kurang cepat merespons.

Satu-satunya cara untuk memperbaiki itu semua adalah dengan mendapatkan jumlah tidur yang benar, yang mana menurut para ahli adalah sekitar delapan jam setiap malam.

Baca juga: Efek Mengerikan yang Terjadi pada Tubuh Saat Kurang Tidur

Lalu apa yang terjadi ketika kita tak bisa memenuhi kebutuhan tidur? Menurut penelitian, bukan hanya fisik yang akan memberi respons negatif. Kita akan menjadi tidak produktif dan menjadi mudah marah.

Jika kamu termasuk orang yang kesulitan untuk tidur di malam hari, cobalah lakukan lima hal berikut:

1. Olahraga – Berolahraga selama 20 menit sampai 30 menit setiap hari. Kamu juga bisa melakukannya beberapa jam menjelang tidur.

2. Buat jadwal tidur yang harus kamu taati setiap malam secara konsisten.

3. Bersantai sebelum tidur – Kamu bisa berendam air hangat atau menikmati secangkir the lavender hangat yang akan membuatmu rileks.

4. Hindari mengonsumsi kopi mendekati waktu tidur.

5. Jangan bertahan terjaga di tempat tidur. Jika setelah berbaring lebih dari setengah jam kamu masih belum tertidur, bangun dari tempat tidur dan lakukan sesuatu yang dapat membuatmu mengantuk.

Baca juga: Hati-hati, Kurang Tidur Berisiko Turunkan Kemampuan Berempati

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X