Penuhi Kebutuhan Gizi Saat Anak Berpuasa

Kompas.com - 09/05/2020, 15:43 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com – Anak-anak memang perlu diajarkan dan dilatih berpuasa. Namun, perlu diperhatikan juga kebutuhan gizi anak saat berbuka dan sahur agar ia tidak kekurangan energi dan berpuasa dengan sehat.

Ahli gizi Yulaika Widhiastuti menjelaskan, kebutuhan energi rata-rata adalah 2.000 kkal/hari. Pada masa pertumbuhan, anak butuh berbagai zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup setiap harinya.

“Zat gizi ini diperoleh dari makanan dengan gizi seimbang yang mendukung pertumbuhan anak,” kata Yulaika dalam siaran pers.

Pada saat berpuasa, kebutuhan energi dibutuhkan tiap orang sebenarnya sama dengan bulan-bulan lainnya, hanya waktu makannya saja yang berubah.

“Penting untuk tetap memenuhi kebutuhan energi lewat makanan bernutrisi setiap harinya agar anak tetap sehat dan kuat,” katanya.

Baca juga: 8 Nutrisi Penting untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Prinsip utama anak dapat berpuasa adalah anak dalam kondisi sehat dan status gizinya baik. Selain itu, upayakan agar sahur dekat dengan waktu imsak dan berbuka segera setelah adzan maghrib.

Menu makanan anak juga perlu diperhatikan. Misalnya untuk menu sahur, pilih makanan yang lebih lambat menaikkan kadar gula darah dan juga mengenyangkan, misalnya nasi merah, spaghetti, susu, atau pun kentang panggang.

Sementara untuk berbuka puasa bisa dipilih makanan yang mengandung semua komposisi zat gizi, misalnya nasi, sayuran dengan lauk pauk lengkap dan juga mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Inspirasi menu
Untuk memberikan inspirasi bagi keluarga dalam menyiapkan menu-menu bernutrisi, Blue Band bekerja sama dengan chef Dhani Kurnia dan Yulaika memberikan aneka resep makanan yang lezat namun bergizi tinggi.

“Kami ingin berbagi resep dengan bahan dasar yang mudah didapatkan, sederhana pembuatannya, sehingga tidak sulit untuk diikuti ibu-ibu di rumah,” kata Dhani.

Ia mengatakan, dari beberapa resep yang dihadirkan pun bisa diganti dengan beragam pilihan daging atau sayuran sebagai kombinasi menu harian.

Baca juga: Perhatikan, Ada 3 Manfaat Memasak Bareng Anak

Beberapa resep itu antara lain kentang panggang, dori panggang keju, ayam BBQ madu, serta nugget ayam korea.

Selama bulan Ramadhan, Blue Band membagikan resep tersebut lewat Instagram Live Blue Band Kitchen master bersama chef Yongki Gunawan di akun Instagram @blueband_id setiap hari Selasa dan Jumat pukul 14.00.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Hai, Moms. Sudah hari ke 13 puasa nih Moms, kemarin sempat ikutan masak Ayam BBQ Madu bareng Chef Yongki Gunawan gak? Kalau belum sempat, yuk tonton lagi videonya sambil masak langsung menunya! Apalagi menu ini cocok lho Moms untuk berbuka maupun sahur bareng keluarga selagi #DiRumahAja. Langsung intip resepnya di bawah ini ya, Moms! Bahan: •1 ekor ayam (450-500gr) •20 gr bawang putih •5 gr ngohiong •15 gr Blue Band Rice Mix Rasa BBQ •20 gr pekak •10 gr angkak •Sedikit pewarna merah •30 gr Blue Band Rice Mix Rasa BBQ •30 gr saus tiram •1000 gr air •30 gr madu •Minyak Goreng Alat: •Teflon Cara Membuat: 1. Lumuri ayam dengan bumbu di bahan A sampai merata. 2. Didihkan bahan B lalu masukkan ayam hingga empuk dengan api kecil. 3. Goreng ayam asal saja, lalu tiriskan. 4. Siapkan teflon, lalu beri sedikit Blue Band, letakkan ayam di atasnya dan lumuri dengan bahan C bolak balik. 5. Siap disajikan. Pastikan masaknya #SemuaPakeBlueBand ya Moms agar masakan Moms mendapatkan hasil yang lebih sempurna :) #SelamatDiRumah

A post shared by Blue Band Indonesia (@blueband_id) on May 6, 2020 at 2:26am PDT

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X