Kompas.com - 13/05/2020, 14:32 WIB
Ilustrasi jus buah shutterstockIlustrasi jus buah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang seringkali tidak dirasakan gejalanya tetapi fatal akibatnya, sehingga dikenal dengan istilah the silent killer.

Seiring berjalannya waktu, tekanan darah tinggi bisa menjadi penyebab kerusakan pembuluh darah dan berdampak pada organ tubuh vital lainnya, seperti jantung, ginjal, dan lainnya.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi yang paling penting adalah dengan pola makan yang tepat. Salah satu yang bisa dikonsumsi adalah buah-buahan yang diolah dengan cara dijus. Lantas, apa saja jus penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi?

Ada berbagai jenis buah-buahan yang bisa diolah sebagai jus penurun darah tinggi. Buah-buahan berikut mengandung serat, magnesium, serta kalium yang sangat dianjurkan oleh penderita hipertensi.

Apa saja buah-buahan tersebut? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

1. Jus buah bit

Ilustrasi jus buah bitzeleno Ilustrasi jus buah bit
Bit adalah salah satu jenis buah yang bisa diolah sebagai jus penurun darah tinggi. Kandungan nitrat yang tinggi dalam buah ini dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Queen Mary University of London.

Hasil studi mengungkapkan bahwa kandungan nitrit dalam buah bit dapat meningkatkan kadar gas nitrat oksida dalam sirkulasi darah sehingga membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, penelitian lainnya yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2013 menunjukkan bahwa tekanan darah sistolik partisipan yang minum jus bit dan apel bisa menurun..

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X