Pasca-Lebaran Nafsu Makan Sulit Dikontrol? Ini Tipsnya

Kompas.com - 26/05/2020, 11:48 WIB
Bersantai di rumah sambil ditemani makanan atau minuman favorit ShutterstockBersantai di rumah sambil ditemani makanan atau minuman favorit

KOMPAS.com - Banyak dari kita yang berhasil menurunkan berat badan selama menjalani puasa Ramadhan. Namun, karena kalap menyantap menu-menu khas lebaran, terkadang kita jadi sulit mengendalikan keinginan makan dan ngemil dan berat badan naik lagi.

Hal itu sebetulnya wajar terjadi karena adanya perubahan waktu makan dan peningkatan asupan kalori antara bulan puasa dan setelah lebaran.

"Ketika kita melalui waktu pasca-Ramadhan ada penambahan satu waktu makan," kata konsultan nutrisi dan wellness dari Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC, melalui sesi Kulwap media beberapa waktu lalu.

Penambahan waktu makan dari yang biasanya hanya sahur dan berbuka, menjadi tiga kali, menyebabkan sebagian orang menjadi makan berlebih. Untuk mencegah kebiasaan makan berlebih pasca-lebaran, tips berikut bisa kamu coba terapkan.

Baca juga: 2 Tips Sederhana Jaga Berat Badan Ideal Pasca-Lebaran

1. Membiasakan ngemil

Dampak jangka pendek dari kebiasaan makan berlebih adalah asupan kalori yang meningkat secara signifikan.

Kondisi ini bisa disiasati dengan mengatur waktu ngemil yang teratur. Tentunya, kita dianjurkan untuk ngemil makanan sehat dan rendah kalori seperti buah-buahan atau kacang-kacangan.

"Ngemil yang teratur, ya. Jadi misalnya sarapan pagi bisa mulai dengan ngemil di jam 10.00, setelah itu makan siang dan ngemil sore," kata Aldis.

Kebiasaan ngemil diharapkan mampu menjaga perut tetap kenyang sehingga asupan makanan terlalu banyak di waktu makan malam.

Aldis menambahkan, menjadwalkan camilan sehat bisa membantu kita menyesuaikan diri keinginan makan banyak yang mungkin terjadi pasca-Ramadhan dan hari-hari setelahnya.

Baca juga: Penyebab Banyak Ngemil Selama Masa Karantina

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X