10 Alasan Mengapa Wanita Terlambat Haid

Kompas.com - 27/05/2020, 08:56 WIB
Ilustrasi siklus menstruasi ShutterstockIlustrasi siklus menstruasi

KOMPAS.com— Siklus menstruasi yang teratur merupakan salah satu tanda kesehatan wanita. Tak heran jika haid tak terjadi tidak pada tanggal seharusnya banyak wanita merasa khawatir.

Selain karena hamil, berikut adalah 10 alasan mengapa wanita mengalami terlambat datang bulan:

1. Olahraga berlebihan

Berolahraga itu sehat, tetapi bahkan kegiatan yang sehat memiliki efek samping jika kamu melakukannya secara berlebihan.

Berolahraga terlalu berlebihan dapat menyebabkan defisiensi sekresi estrogen, hormon yang bertanggung jawab atas ovulasi. Jika kekurangan estrogen terjadi, haid akan terlambat atau bahkan terputus untuk jangka waktu tertentu.

2. Perubahan berat badan yang cepat dan drastis

Penurunan berat badan atau kenaikan berat badan drastis yang tiba-tiba adalah salah satu alasan mengapa menstruasi tidak teratur atau terlambat. Kondisi itu akan memengaruhi sekresi hormon wanita.

Tetapi jangan khawatir, segera setelah kamu kembali pada diet yang sehat dan stabil, tubuh akan merespons dan menstruasi akan kembali diatur.

Baca juga: Asupan yang Dibutuhkan Wanita Selama Masa Menstruasi

3. Sedang stres

Berada di bawah tekanan tidak hanya akan menyakiti secara fisik, tetapi juga secara emosional, bahkan dapat membuat kita jatuh sakit.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X