Cegah Jerawat akibat Pemakaian Masker Selama Pandemi

Kompas.com - 30/05/2020, 11:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com—Untuk memutus rantai penularan virus corona, mengenakan masker menjadi sebuah keharusan saat beraktvitas di luar rumah. Namun, pemakaian masker secara terus menerus memunculkan kekhawatiran kulit akan jerawat.

Hal yang perlu diwaspadai adalah jika masker dalam kondisi kotor atau kita memakai riasan wajah.

“Masker meskipun penting untuk keselamatan kita, dapat membuat kulit terperangkap dalam kelembaban, kotoran, minyak dan keringat. Jika tidak membersihkannya dengan benar atau menggunakannya kembali untuk jangka waktu yang lama, bisa berdampak pada kulit,” kata Dr. Tiffany J. Libby, dokter kulit bersertifikat di New York City..

Untuk itu, pemakaian masker harus memperhatikan juga perawatan kulit untuk menghindari munculnya jerawat dan masalah kulit yang lain.

“Ketika minyak wajah dan kotoran menyumbat pori-pori, ini akan menyebabkan komedo. hal ini juga memungkinkan masuknya bakteri dan kotoran lebih mudah yang menyebabkan peradangan dan jerawat,” kata Libby.

Baca juga: Mengenali Jerawat karena Stres, dan Cara Mengatasinya

Untuk mengatasinya, jaga kelembaban kulit dan sesering mungkin mencuci muka. Gunakan pelembap dengan formula krim maupun lotion yang ringan.

Selain itu, pada siang hari, gunakan tabir surya, karena meski sebagian besar wajah ditutupi masker, tetap saja ada area yang terkena sinar matahari sehingga yang terbaik adalah menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup.

Untuk kulit yang kering penting untuk segera membersihkan kulit setelah melepaskan masker. Hal ini baik untuk menjaga kelembaban dan kebersihan kulit.

“Untuk mengobati jerawat aktif, gunakan krim kortison untuk penggunaan jangka pendek yang dapat membantu mengurangi iritasi dan meredakan peradangan,”kata Libby.

Selalu gunakan pelembab dengan formula yang lembut untuk menenangkan iritasi.

Jangan lupa juga untuk rutin mencuci masker kain dan pastikan juga mencuci tangan secara teratur dalam air mengalir agar bakteri dan virus langsung larut.

Baca juga: Material Terbaik untuk Masker Kain



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X