Cegah Gangguan Mata Balita akibat Terlalu Lama Pakai Gawai

Kompas.com - 02/06/2020, 13:35 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Selama karantina di rumah kemungkinan besar anak akan lebih banyak menggunakan gawai. Selain untuk belajar online, mereka juga "bermain" dan menonton hiburan lewat gadget.

Namun, paparan sinar biru dari layar yang berlebihan berdampak buruk untuk mata. Risiko terburuknya hal ini dapat menyebabkan masalah mata seperti keringan, gatal, miopia dan sebagainya.

Menurut pakar dari Mayo Clinic, waktu layar yang ideal untuk anak usia 2 hingga 5 tahun tidak boleh lebih dari 1 jam dalam sehari.

Anak-anak termasuk dalam kelompok rentan dari paparan sinar biru berlebihan karena lensa mata mereka masih transparan dan jernih. Untuk mencegah gangguan pada penglihatan, ketahui tips berikut:

1. Ingatkan anak untuk mengedipkan mata

Ketika anak sedang asyik maka ia akan menatap layar terus-menerus, bahkan tanpa berkedip sedikit pun.

Hal ini akan mengurangi kelembaban di mata, sehingga membuatnya kering. Jika mata menjadi terlalu kering dapat menyebabkan beberapa komplikasi terkait mata.

Anak mungkin mengeluh sakit kepala atau pandangan kabur. Jadi selalu ingatkan mereka untuk mengedipkan mata.

Baca juga: Atasi Gangguan Mata karena Terlalu Banyak Kerja di Depan Layar

2. Ajak anak kegiatan offline

Mungkin sulit untuk membuat si kecil terhibur di rumah selama pandemi ini karena mereka tidak bisa main di luar. Anak akan mengeluh bosan dan mencari hiburan dari gadget.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X