Kompas.com - 09/06/2020, 07:16 WIB
Ilustrasi suplemen dan obat-obatan PurestockIlustrasi suplemen dan obat-obatan

KOMPAS.com - Konsumsi suplemen kesehatan dilakukan oleh banyak orang untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh, ketika tidak dapat memenuhinya melalui makanan alami.

Selain untuk melengkapi kebutuhan nutrisi, konsumsi suplemen juga membantu memelihara, meningkatkan dan/atau memperbaiki fungsi kesehatan.

Keterangan ini dikutip dari seri Buku Saku Suplemen Kesehatan untuk Memelihara Daya Tahan Tubuh dalam Mengobati Covid-19 yang dirilis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mei 2020.

Baca juga: Awas, Terlalu Banyak Konsumsi Suplemen Vitamin E Bisa Sebabkan Stroke

Disebutkan, suplemen mengandung satu atau lebih bahan berupa vitamin, mineral, asam amino dan/atau bahan lain bukan tumbuhan yang dapat dikombinasi dengan tumbuhan.

Meski memiliki beragam manfaat, namun suplemen kesehatan tak boleh dikonsumsi secara sembarangan.

"Konsultasi dengan dokter untuk memutuskan penggunaan suplemen kesehatan yang tepat," tulis BPOM.

Selain itu, BPOM juga mengingatkan bahwa konsumsi suplemen kesehatan tidak untuk menggantikan makanan sehari-hari atau menggantikan obat yang dikonsumsi untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Baca juga: Perhatikan, 5 Tips Aman Pilih Vitamin dan Suplemen untuk Anak

"Penggunaan suplemen kesehatan lebih ke arah memenuhi dan melengkapi kebutuhan sehingga membantu agar tubuh pulih dari kondisi penyakit tertentu."

Dalam situasi pandemi Covid-19, klaim khasiat suplemen kesehatan telah diakui BPOM namun masih sebatas membantu memelihara daya tahan tubuh.

Untuk memilih suplemen kesehatan, kamu juga bisa menerapkan prinsip cek "KLIK", yakni dijabarkan dalam poin berikut:.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X