Bahaya Minum Teh Berlebih, Susah Tidur Hingga Ketergantungan

Kompas.com - 13/06/2020, 14:21 WIB
Ilustrasi minum teh hijau. ShutterstockIlustrasi minum teh hijau.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berbeda orang, berbeda pula persepsinya tentang minum teh. Ada yang terbiasa minum teh sebagai relaksasi, ritual memulai hari, hingga pengobatan.

Masih ada banyak perdebatan tentang berapa kadar konsumsi teh yang wajar. Ada yang menyebut batas atasnya 2 cangkir, ada pula yang 4 cangkir. Namun bagi penikmat teh, bisa jadi konsumsinya justru lebih dari itu.

Yang jelas, mengonsumsi apapun yang berlebihan tentu tidak baik, termasuk minum teh. Bukannya bermanfaat bagi kesehatan, semua yang berlebihan bisa menimbulkan bahaya.

Beberapa bahaya minum teh berlebih yang mungkin terjadi di antaranya:

1. Memicu stres, cemas berlebih, sulit istirahat

Tak hanya kopi, daun teh pun mengandung kafein. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dari teh bisa menyebabkan rasa cemas berlebih, stres, hingga sulit beristirahat.

Dalam satu cangkir teh, terdapat 11-61 mg kafein. Angka ini bisa berbeda bergantung pada jenis teh dan cara mengolahnya.

Beberapa penelitian menyebut konsumsi 200 mg kafein setiap harinya bisa menyebabkan cemas berlebih, terutama bagi mereka yang sensitif.

Untuk mengenalinya, observasi apakah kamu merasa gelisah setelah mengonsumsi teh. Apabila terjadi, sebaiknya mengurangi atau bahkan membatasi konsumsi teh.

Baca juga: Pecinta Kafein, Sudah Tahu Bahaya Minum Kopi Berlebihan?

2. Kualitas tidur buruk

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X