7 Manfaat Tak Terduga dari Konsumsi Durian

Kompas.com - 07/07/2020, 07:37 WIB
Ilustrasi durian. SHUTTERSTOCK/THASSINIlustrasi durian.

KOMPAS.com—Buah durian yang legit membuat buah ini jadi favorit banyak orang. Namun, bagi sebagian orang aroma yang kuat dan tekstur yang lembek membuat buah berduri runcing ini dianggap tak enak.

Di balik kontroversinya sebenarnya durian punya beberapa manfaat tak terduga.

1. Membuatmu bahagia

Daging durian yang enak bukan satu-satunya alasan mengapa senyum bisa mengembang di wajah saat kita menggigit daging lembutnya.

Buah musiman ini sebenarnya memiliki zat kimia bahagia untuk membuat kamu merasa lebih baik.

Durian mengandung asam amino triptofan yang dikonversi menjadi serotonin, neurotransmitter yang memicu perasaan bahagia dan rileks. Jadi mood mu akan membaik secara alami setelah makan durian.

Baca juga: Kenapa Indonesia Punya Jenis Durian Terbanyak di Dunia?

2. Durian membantu mengatur tidur

Kejutan, raja buah-buahan ini ternyata dapat membantu tidur lebih nyenyak. Triptofan (asam amino esensial) dalam durian diubah menjadi melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidurmu.  Semakin tinggi kadar melatonin yang ada di tubuh, semakin mudah kamu akan tertidur. 

3. Durian mengontrol tekanan darah

Durian kaya akan potasium, elektrolit yang membantu menjaga tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal.

Baca juga: Sedang Diet, Bolehkan Makan Durian?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Shape
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X