Ingin Kulit Tan Tapi Tak Bisa Berjemur? Ini Solusinya

Kompas.com - 07/07/2020, 12:20 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Manusia memiliki berbagai jenis warna kulit yang berbeda satu sama lain. Ada yang berwarna putih pucat, kuning, cokelat, kemerahan, hingga hitam.

Menurut penelitian, faktor utama yang mempengaruhi warna kulit adalah keturunan atau genetik. Faktor genetik berhubungan dengan pigmen kulit. Namun ada juga hal lain yang mempengaruhi, seperti wilayah tempat tinggalnya, paparan sinar matahari, hingga makanan.

Uniknya, para ilmuwan yang mempelajari tubuh manusia menemukan bahwa variasi warna kulit bersifat adaptif atau bisa menyesuaikan dengan lingkungan, dan bisa diturunkan dari orangtua pada anak.

Karakteristik ini berkaitan erat dengan kondisi geografis dan paparan sinar UV dari matahari.

Berdasarkan wilayah geografisnya, para penduduk wilayah tropis lebih berisiko terpapar sinar radiasi UV matahari yang berbahaya.

Oleh karena itu, warna kulit mereka cenderung menjadi lebih gelap. Sebab, tubuh memproduksi lebih banyak melanin untuk menangkal efek buruk sinar UV.

Selain itu dari generasi ke generasi, muncul kecenderungan produksi melanin dalam jumlah tertentu pada tubuh anak, yang diturunkan dari orangtuanya.

Sebaliknya para penduduk di negara-negara belahan utara bumi, biasanya memiliki kulit berwarna terang. Sebab, mereka tidak banyak terpapar sinar UV matahari yang berbahaya. Akibatnya, tubuh tidak memproduksi banyak melanin dan warna kulit pun akhirnya cerah.

Kulit yang berwarna cerah ini memungkinkan lebih banyak sinar UV masuk ke kulit, dan mebantu tubuh memproduksi vitamin D esensial yang diperlukan.

Baca juga: Banggalah dengan Warna Kulit yang Dimiliki

Anehnya, banyak orang di wilayah tropis mendampakan kulit yang lebih putih, sedangkan mereka yang berkulit putih justru ingin memiliki warna yang lebih gelap.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X