Manfaat Kesehatan Pijat Payudara, Apa Saja?

Kompas.com - 09/07/2020, 07:36 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Pijat payudara mungkin tampak seperti konsep yang tabu. Tetapi rupanya, hal ini penting dilakukan untuk diagnosis dini kanker payudara.

Menurut American College of Obstetricians dan Gynaecologists, sekitar 70 persen kasus kanker payudara terdeteksi pada wanita di bawah 50 tahun melalui pemeriksaan sendiri.

Pijat payudara telah menjadi bagian dari praktik terapi ayurveda, yakni metode yang mengedepankan keseimbangan aliran energi dalam tubuh.

Abhyanga adalah pijatan payudara yang berakar pada ayurveda. Pijatan dilakukan secara lembut pada payudara dengan melakukan gerakan memutar menggunakan minyak herbal.

Oleh karena itu, masuk akal memijat payudaramu sendiri untuk manfaat kesehatan yang diberikannya.

Gunakan tekanan lembut dengan empat jari pertama mulai dari puting susu dan kemudian gerakkan tanganmu ke bagian luar payudara.

Baca juga: Minyak Bulus, Benarkah Bikin Payudara Lebih Besar?

Selain dapat mendeteksi kanker, berikut manfaat lain memijat payudara sendiri:

1. Menghilangkan racun

Limfedema adalah penumpukan cairan berlebih di jaringan pembuluh darah di dekat tulang dada dan tulang selangka.

Pijat payudara dapat mencegah penumpukan limbah atau limfedema terjadi di daerah dada dan lengan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X