6 Manfaat Bermain bagi Anak, dari Fisik hingga Emosional

Kompas.com - 04/08/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi anak bermain shutterstockIlustrasi anak bermain
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anak-anak hanya memiliki satu tugas saat tumbuh besar di dunia ini, yaitu bermain.

Jangan salah, manfaat bermain sangat baik, tak hanya untuk perkembangan fisiknya namun juga memberi stimulus pada otak dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang begitu cepat.

Ada banyak definisi berbeda tentang bermain bagi anak-anak. Namun intinya, bermain adalah kegiatan sukarela, menyenangkan, dan terjadi secara spontan.

Saat bermain, anak biasanya mencoba bereksperimen, belajar mengambil risiko, dan melakukan interaksi dekat dengan teman bermainnya.

Jadi bermain tidak sekedar menyenangkan, namun juga berguna bagi anak. Beberapa manfaat bermain bagi anak-anak di antaranya:

1. Memberi stimulus berbicara

Lewat bermain, bayi dan anak-anak belajar untuk menguasai bahasa dan berbicara. Tahapan ini adalah awal untuk belajar lebih banyak lagi hal lainnya.

Lewat bermain, anak-anak mengenal kosakata baru dan belajar bagaimana berkomunikasi dengan temannya.

2. Baik untuk fungsi kognitif dan eksekutif

Lewat bermain, anak juga bisa mengendalikan rentang fokus, emosi, fleksibilitas kognitif, dan juga daya ingat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X