Kompas.com - 04/08/2020, 18:54 WIB
Ilustrasi makan bersama shutterstockIlustrasi makan bersama
Editor Wisnubrata

Apakah Anda dan keluarga terbiasa makan bersama? Atau mungkin karena beragam kesibukan dan jadwal yang berbeda-beda, Anda justru tidak bisa makan bersama keluarga?

Saat ini, memang sudah jarang ditemukan sebuah keluarga memiliki tradisi untuk makan bersama. Sulit mencari waktu untuk seluruh anggota keluarga secara bersama-sama seringkali menjadi alasannya.

Padahal, makan bersama keluarga ternyata memiliki segudang manfaat untuk Si Kecil, lho. Apa sajakah?

Cobalah meluangkan waktu sejenak untuk makan bersama keluarga, baik saat pagi hari atau saat makan malam. Makan bersama anak dan anggota keluarga lainnya bisa menawarkan berbagai manfaat berikut ini:

1. Mengenalkan berbagai jenis makanan pada anak

Jika selama ini anak makan sendiri atau ditemani oleh pengasuhnya, bisa saja ia seringkali tidak menghabiskan sayur atau nasinya.

Nah, dengan makan bersama, orangtua pun dapat memantau pola makan anak sehari-hari.

Manfaat makan bersama keluarga, termasuk dengan anak-anak, orangtua jadi memiliki kesempatan untuk mengenalkan berbagai variasi makanan setiap harinya.

Dengan demikian, anak-anak dapat terhindar dari kelebihan berat badan dan kebiasaan pilih-pilih makanan.

Sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2000 menunjukkan bahwa anak berusia 9-14 tahun yang selalu makan bersama keluarganya mengaku lebih doyan sayur dan buah. Mereka juga lebih jarang mengonsumsi makanan dan minuman tak sehat, seperti gorengan dan soda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X