Mimpi Pasangan Berselingkuh, Haruskah Ditanggapi Serius?

Kompas.com - 21/09/2020, 08:09 WIB
Ilustrasi tidur nyenyak AntonioGuillemIlustrasi tidur nyenyak

KOMPAS.com— Hampir setiap malam kita bermimpi, namun hanya sedikit isi mimpi yang bisa membuat kita terus memikirkannya sepanjang hari, salah satunya mimpi mendapati pasangan berselingkuh.

Tentu kita bisa saja menganggapnya itu hanya bunga tidur, tapi jika mimpi itu terasa nyata, haruskah kita menganggapnya serius?

Menurut Dr. Nancy Irwin, PsyD, C.Ht, seorang psikolog klinis, mimpi pasangan berselingkuh sebenarnya cukup umum.

"Kebanyakan orang dalam hubungan jangka panjang memiliki mimpi seputar tema ini," katanya.

Pada dasarnya kita tidak perlu mengartikan mimpi ini secara harfiah atau menganggapnya sebagai tanda bahwa pasangan memang melakukan perselingkuhan di belakang.

Meskipun memang sulit untuk menghilangkannya dari pikiran kita, Irwin mengatakan bahwa mimpi selalu berbicara lebih banyak tentang si pemimpi daripada orang yang diimpikan.

Baca juga: Mengapa Kita Sering Kesulitan Mengingat Mimpi?

Irwin mengatakan, tugas pikiran untuk menghubungkan berbagai kejadian dan memahami dunia saat kita tertidur, dan itu sering dilakukan melalui metafora.

Itulah sebabnya mimpi hampir selalu mewakili sesuatu yang sama sekali berbeda dari apa yang tampaknya dimaksudkan di dunia nyata. Ini juga mengapa selalu ada lebih dari satu penjelasan tentang mimpi.

Jadi, alih-alih langsung mengambil kesimpulan, luangkan waktu untuk menganalisis sedikit lebih jauh.

“Di ujung spektrum yang lebih ekstrem, mimpi selingkuh bisa jadi merupakan hasil dari sisa ingatan dari pengalaman lama yang menyakitkan,” ujar Lauri Quinn Loewenberg, seorang analis mimpi bersertifikat.

Halaman:


Sumber Bustle
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X