Cara Mengempiskan Wajah Bengkak Sesuai Penyebabnya

Kompas.com - 25/09/2020, 05:05 WIB
Ilustrasi kompres wajah shutterstockIlustrasi kompres wajah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Wajah bengkak bisa terjadi karena berbagai hal, seperti alergi, terlalu banyak menangis, penyakit tertentu, hingga cedera. Sehingga, cara menghilangkannya pun bisa berbeda-beda.

Cara mengempiskan wajah yang bengkak dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun ada juga yang perlu bantuan medis dari dokter. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya untuk menghilangkan bengkak di wajah:

1. Kompres es

Menempelkan kompres es adalah cara menghilangkan bengkak di wajah yang paling umum. Langkah ini bisa diaplikasikan pada kondisi wajah bengkak akibat cedera, kurang tidur, alergi, hingga salah makan.

Untuk melakukannya, Anda cukup membasahi handuk berbahan lembut dengan air es, lalu mengompreskannya ke bagian wajah yang bengkak. Langkah ini bisa diulangi hingga beberapa kali sampai bengkak berkurang.

2. Kompres hangat

Kompres hangat juga bisa meredakan wajah bengkak. Suhu hangat yang mengenai kulit akan membantu melancarkan sirkulasi cairan di tubuh. Namun, Anda perlu berhati-hati agar tidak menggunakan kompres yang terlalu panas.

Baca juga: Mana yang Benar Saat Demam: Kompres Panas Atau Dingin?

3. Banyak minum air putih

Saat dehidrasi, sel-sel tubuh akan mencoba mengambil cairan dari jaringan sebanyak-banyaknya dan menyimpannya. Hal ini bisa menyebabkan wajah terlihat bengkak.

Dengan banyak minum air putih, maka kebutuhan cairan di tubuh akan terpenuhi dan sel-sel yang menyimpan air tadi, akan melepas cadangan tersebut dan bengkak pun mereda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X