Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban dari Masalah Wajah yang Paling Dicari di Google

Kompas.com - 12/09/2020, 10:01 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Her World

KOMPAS.com— Mesin pencari Google telah menjadi sumber jawaban dari banyak hal yang tidak kita mengerti. Mulai dari masalah kesehatan, parenting, hingga kecantikan.

Namun tidak semua jawaban yang muncul berasal dari sumber yang kompeten. Hal ini ditakutkan akan salah kaprah dan menyesatkanmu. 

Dermatologi Korea Christine Choi seorang dokter kulit kosmetik dan medis bersertifikat yang berbasis di California, menjawab beberapa masalah yang biasa ditanyakan ke Google, dengan jawaban yang tentu didasari oleh pengetahuan medis.

1. Bagaimana caranya mengurangi bengkak pada jerawat?

Jika kamu bertanya pada Google tentang ini, mungkin saran yang diberikan adalah mengoleskan pasta gigi tepat pada jerawat.

Namun ternyata saran itu keliru. Menurut Christine, untuk mengurangi bengkak pada jerawat, cukup menggunakan kompres air hangat dan menggunakan masker wajah untuk mengurangi bekas jerawat. 

Baca juga: 3 Pemicu Jerawat yang Kerap Tak Disadari

2. Mengapa gampang jerawatan saat traveling?

Jerawat yang mendadak muncul sering kali disebabkan oleh perlindungan kulit yang rentan.
Jadi saat kita berpindah dari satu iklim ke iklim lain atau satu lingkungan ke lingkungan berikutnya, otomatis akan mengubah rutinitas, mengubah pola tidur, menggunakan produk dari hotel yang bukan produk kita sendiri. Itu semua bisa menjadi faktor dalam meningkatkan jerawat.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

3. Seperti apa sih kulit sensitif itu?

Kulit sensitif bisa berbeda-beda pada setiap individu.  Kulit sensitif seringkali terasa perih, terbakar dan gatal yang bisa terjadi begitu saja atau setelah mengaplikasikan produk tertentu.

Kulit bisa menjadi kering dan sensitif, tetapi juga bisa berminyak dan sensitif. Kulit sensitif terlihat pada usia yang sangat muda, hingga orang dewasa dan dapat terlihat baik pada pria maupun wanita.

Tidak ada tes standar yang dapat dijalankan atau lakukan untuk mengetahui apakah kamu memiliki kulit sensitif. Tetapi kamu bisa mencari tahu dengan memperhatikan riwayat sebelum kulit menjadi memerah atau merasakan sensasi terbakar.

Apa yang dimakan sebelumnya, atau berada di lingkungan tertentu bisa menjadi petunjuk kulit menjadi sensitif karena faktor yang mana.

Baca juga: Kulit Sensitif Jangan Asal Pakai Skin Care, Simak Tipsnya

3. Mengapa kulit saya sangat kering?

Kekeringan yang didefinisikan dengan kulit yang terasa ketat atau tertarik, terjadi karena kurangnya minyak di kulit. Ada juga kulit yang kering karena dehidrasi.

Halaman:
Sumber Her World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com