Kompas.com - 02/10/2020, 16:17 WIB
Ilustrasi memakai batik shutterstockIlustrasi memakai batik
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Keprihatinan akan kondisi pandemi Covid-19 dan minimnya dukungan masyarakat terhadap batik membuat sejumlah kalangan ikut bersuara.

Tenik Hartono, seorang pemerhati budaya dan wastra nusantara mengungkapkan, bahwa masih banyak orang-orang yang belum mengapresiasi karya batik Indonesia. Terlebih, bagi mereka yang sebenarnya terbilang mampu secara finansial.

“Kalau mau peduli ya pakai batik setiap hari. Apalagi, orang-orang yang bisa membeli baju karya desainer luar negeri tapi kalau beli batik harganya ditawar sampai membuat perajin batik tercekik,” ujarnya dalam tur virtual Lasem, Jumat (2/10/2020).

Padahal, tidak semua batik dijual dengan harga yang fantastis, atau mahal. Ada juga batik-batik yang ramah di kantong dan bisa dibeli oleh kaum muda.

Tenik pun berharap, jika masyarakat sudah mulai peduli dengan menggunakan batik, maka kita sudah ikut serta membantu pemerintah untuk melestarikan batik sebagai warisan budaya di Indonesia.

Baca juga: Hari Batik, Didiet Maulana Ajak Influencer Dukung Perajin Batik

Memperingati Hari Batik yang jatuh pada 2 Oktober 2020 ini, Ia mengingatkan agar batik tidak hanya berhenti pada jargon-jargon saja tetapi juga menjadi keseharian kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bukannya tidak boleh pakai baju yang lain, tapi bagaimana batik itu harus sudah menjadi keseharian kita,” lanjutnya.

Kini, batik bisa ditemukan dalam berbagai macam bentuk tidak hanya kain atau baju. Ada masker dari kain batik, t-shirt, topi dan bahkan sepatu.

“Momen pandemi ini kan akhirnya banyak yang membuat masker dari batik jadi mari kita pakai. Apalagi, masker jenis scuba sudah tidak diperbolehkan makanya pakai masker dari kain batik,” tandasnya.

Baca juga: Mengenal Batik Tiga Negeri Lasem, Batik Multibudaya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.