Kompas.com - 02/10/2020, 19:42 WIB
Ilustrasi masker rambut shutterstockIlustrasi masker rambut

KOMPAS.com - Banyaknya waktu di rumah membuat beberapa orang tertarik untuk mencoba melakukan hal tertentu dengan kreasi sendiri. Contohnya membuat produk perawatan seperti masker rambut.

Ya, merawat rambut agar tetap sehat dan berkilau memang tak selalu harus menggunakan produk yang dikeluarkan oleh brand tertentu.

Banyak bahan-bahan di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat masker rambut. Contohnya madu, cuka apel, telur, minyak esensial, lemon, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, bahan-bahan tersebut tidak bisa digunakan secara sembarangan karena malah bisa merusak kulit kepala dan rambut.

Baca juga: Menebalkan Rambut, Bisakah dengan Bahan Alami?

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan bila ingin membuat masker rambut sendiri seperti yang dilansir dari Times of India.

1. Lakukan uji alergi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum membuat produk perawatan rambut sendiri, pastikan bahan-bahan yang digunakan tidak mengandung alergen.

Cobalah untuk melakukan uji alergi dengan oleskan sedikit bahan ke kulit belakang telinga. Jika tidak ada reaksi alergi, maka bahan tersebut aman digunakan.

2. Encerkan minyak esensial

Minyak esensial seperti minyak tea tree dan cuka apel sering digunakan sebagai bahan untuk membuat masker rambut. Jangan lupa untuk mengencerkan terlebih dahulu minyak esensial tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.