Kompas.com - 03/10/2020, 08:49 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Menjaga asupan makanan yang sehat juga berdampak pada kesehatan gigi dan mulut. Khusus untuk kesehatan gigi, batasi asupan yang lengket dan bertepung.

Menurut dokter gigi Tanvir Singh, kita harus memasukkan lebih banyak buah dan sayuran renyah dalam pola makan karena dapat membantu membersihkan dan menghilangkan lapisan ekstra plak di sekitar gigi, serta menjaganya tetap sehat.

Berikut adalah asupan makanan yang dianjurkan Tanvir agar kesehatan mulut tetap terjaga.

1. Buah apel
Apel merupakan sikat gigi alami yang membantu membersihkan plak dan karang gigi dari gigi.

Tidak hanya apel, semua buah dan sayuran renyah seperti wortel dan seledri juga akan mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang.

"Mengunyah buah dan sayuran yang renyah dapat meningkatkan aliran air liur dan menjaga rongga mulut tetap bersih dan sehat,” ujar Tanvir.

Baca juga: Perawatan Alternatif Gigi Berlubang Tanpa Dibor dan Ditambal

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Vitamin C

Buah dan sayuran seperti jeruk, lemon, mint, mentimun, nanas, dan pir, sangat bagus untuk kesehatan gigi karena mengadung vitamin dan serat.

Vitamin C adalah salah satu faktor kunci dalam kesehatan gigi dan mulut. Mencukupi vitamin ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk membantu melawan infeksi di rongga mulut.

3. Buah berry
Untuk mendapatkan gigi putih, Tanvir menyarankan untuk menguonsumsi buah jenis berry termasuk stroberi dan cranberry dalam asupan sehari-hari.

Halaman:


Sumber Pinkvilla
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.