Bukan "Junk Food", Ini Makanan untuk Perbaiki Mood

Kompas.com - 11/10/2020, 18:15 WIB
Ilustrasi makanan manis dan buah-buahan ShutterstockIlustrasi makanan manis dan buah-buahan

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan mental bukan hanya perkara mengatasi stres dan membuat pikiran lebih tenang. Tapi harus juga memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Makanan ternyata berdampak langsung pada suasana hati dan mood. Ada jenis makanan tertentu yang bisa meningkatkan produksi hormon agar mood menjadi lebih baik.

Konsumsi makanan yang tepat dapat berdampak langsung pada suasana hati. Dengan demikian bisa mengurangi risiko stres, gangguan kesehatan mental, dan juga mempercepat proses pengobatan.

Beberapa orang mungkin berpikir untuk meningkatkan suasana hati mereka bisa makan junkfood maupun makanan olahan lain yang tinggi garam, gula, dan lemak. Padahal makanan tersebut bisa berdampak negatif pada tubuh dan pikiran.

Baca juga: Sering Makan Junk Food, Waspadai 13 Penyakit Berikut

 

Lalu, makanan apa yang sebaiknya dimakan?

1. Sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah mengandung serat dan berbagai nutrisi serta mineral. Buah juga mengandung gula alami yang dapat membuat suasana hati merasa lebih baik.  Pola makan yang kaya buah dan sayur dapat meningkatkan kesehatan mental.

2. Biji-bijian utuh

Karbohidrat kompleks memiliki efek positif pada produksi serotonin dalam tubuh yang berkaitan dengan suasana hati. Biji-bijian utuh seperti beras merah atau oats, kaya akan karbohidrat, serat, serta nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kesehatan mental.

Baca juga: Ragam Herbal dan Biji-Bijian yang Ampuh Dongkrak Daya Tahan Tubuh

3. Daging tanpa lemak

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X