Produk Makanan dan Minuman Alami Makin Dicari

Kompas.com - 14/10/2020, 11:13 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat melakukan upaya lebih untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya dengan beralih pada makanan dan minuman alami.

Produk alami yang bebas bahan kimia buatan diasosiasikan dengan sesuatu yang sehat karena lebih aman dan berkualitas terjamin.

Menurut penelitian global FMCG Gurus yang berjudul 'The Future of Naturalness 2020', makanan alami dianggap otentik, bergizi, berkelanjutan, dan layak dipercaya oleh konsumen.
Mereka percaya apa yang bagus untuk mereka juga akan bersifat ramah bagi lingkungan.

Survei tersebut juga menunjukkan peningkatan minat pada pola makan khusus seperti plant-based, vegetarian, dan flexitarian yang dikaitkan dengan dampak kesehatan lebih baik dan ramah lingkungan menjadi cerminan lain dari konsumen yang kini menjadi lebih sadar akan kesehatan.

Selain memilih bahan-bahan makanan yang minim pemrosesan, penggunaan bahan pewarna buatan juga jadi perhatian. Terutama untuk camilan yang dikonsumsi anak-anak.

Sebuah penelitian than 2007 oleh Universitas Southampton menemukan, campuran pewarna makanan buatan tertentu serta pengawet benzoate dapat meningkatkan level hiperaktivitas pada anak.

Memperhatikan daftar bahan pada kemasan produk akan menjadi faktor kunci untuk mengetahui apa yang masuk ke dalam pembuatan produk tersebut, termasuk penggunaan pewarna alami atau buatan yang akan dinyatakan dengan jelas.

Baca juga: Jangan Simpan 8 Bahan Makanan Ini di dalam Kulkas

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X