4 Langkah Sederhana Memulai Gaya Hidup Minimalis dari Lemari Pakaian

Kompas.com - 16/10/2020, 11:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Gaya hidup minimalis menjadi topik yang cukup hangat diperbincangkan dalam beberapa waktu terakhir. Di Indonesia, topik itu mulai lebih banyak dilirik setelah kemunculan Marie Kondo dan metode beres-beresnya.

Memulai gaya hidup minimalis bisa dimulai dengan langkah yang sederhana, misalnya dimulai dari lemari pakaian. Seperti, menyingkirkan pakaian-pakaian yang jarang dipakai dan menyisakan yang paling penting.

Pilihan pakaian yang lebih sedikit juga lebih menyederhanakan pengambilan keputusan ketika kita hendak menggunakannya. Itu tentu memangkas waktu dan energi yang biasa terbuang untuk memilih pakaian.

Meski terdengar sederhana, namun praktiknya tidak semudah itu, lho. Empat langkah sederhana berikut bisa kamu coba jika inginmencoba menerapkan gaya hidup minimalis mulai dari lemari pakaian.

1. Pahami kebutuhan harian
Dilansir New Idea, kita harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang kita butuhkan dari segi gaya.

Coba perhatikan kehidupanmu sehari-hari dan tentukan jenis pakaian yang benar-benar kamu butuhkan.

Misalnya, jika kamu bekerja di kantor, maka beberapa pilihan pakaian kantoran mungkin adalah yang paling kamu butuhkan.

Kemudian, jika kamu memiliki gaya hidup yang lebih aktif, kamu membutuhkan pakaian yang dapat memudahkanmu untuk banyak bergerak.

Jika sering bepergian, maka kamu memerlukan pakaian yang ringan, nyaman, dan mudah dikemas, dan lain sebagainya.

Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan masalah lingkungan, seperti cuaca. Jika kamu tinggal di tempat yang panas, tentu tidak ada gunanya menyimpan banyak jaket tebal, bukan?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X