Kompas.com - 20/10/2020, 10:38 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kerja dari rumah atau work from home (WFH) memiliki banyak tantangan. Salah satunya suara bising yang mungkin saja ditimbulkan oleh orang lain di dalam rumah.

Beberapa orang memilih untuk kerja dengan mendengarkan musik guna meredam suara bising tersebut.

Selain itu, mendengarkan musik dianggap bisa membuat kerja lebih produktif dan menghilangkan kebisingan.

Akan tetapi, jenis musik yang dipilih haruslah tepat. Sebab kesalahan memilih jenis musik malah bisa menyebabkan pekerjaan kacau.

Ada penelitian yang mengatakan musik dapat membuat seseorang bekerja lebih cepat dengan hasil yang optimal. Selain itu, musik juga membantu memunculkan ide kreatif.

Baca juga: Terapi Musik, Salah Satu Pilihan untuk Menyehatkan Mental

Namun tidak semua jenis musik cocok untuk berbagai pekerjaan. Berikut tips memilih jenis musik untuk didengarkan saat bekerja seperti dilansir Huffpost.

1. Hindari musik dengan kata-kata

"Penelitian menemukan lagu pop dan musik dengan lirik dapat mengganggu produktivitas karena orang fokus pada kata-kata dan pesan dari lagu tersebut.”

Hal itu yang dikatakan oleh pakar produktivitas dan penulis Holland Haiis.

Berbagai penelitian memang menunjukkan musik pop dengan lirik dapat menghambat pemahaman membaca dan keterampilan pemrosesan informasi.

Halaman:


Sumber Huffpost
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X