Kompas.com - 10/03/2020, 11:27 WIB
Ilustrasi bekerja di rumah DragonImagesIlustrasi bekerja di rumah
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika tugas dan pekerjaan menumpuk, seringkali rasa gelisah muncul dan pada akhirnya kita kesulitan menyelesaikan tugas yang ada.

Jika itu terjadi padamu, mungkin kamu kurang konsentrasi. Kesulitan berkonsentrasi dapat meningkatkan stres dan iritasi yang membuat fokus menjadi lebih sulit.

Kurangnya konsentrasi dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Umur dan siklus tidur adalah faktor utama yang memengaruhi rentang konsentrasi seseorang.

Banyaknya informasi yang diproses pikiran kita, terutama melalui media sosial, juga membuat otak lebih sulit untuk berkonsentrasi selama lebih dari beberapa menit.

Namun, konsentrasi bisa ditingkatkan dengan melatih otak kita sama seperti melatih otot-otot tubuh. Bagaimana caranya?

1. Melatih otak

Permainan melatih otak seperti sudoku atau teka teki silang bisa membantu membangun ingatan jangka pendek, kemampuan menyelesaikan masalah, dan skill memproses.

Latihan lewat permainan itu bisa dilakukan selama 15 menit dan sudah cukup untuk menjaga konsentrasi dalam durasi yang lama.

Ketika merasa otakmu lelah, meluangkan waktu sejenak untuk senam otak dengan permainan tersebut bisa menjadi opsi.

Selain sudoku dan teka teki silang, kamu juga bisa bermain permainan kata atau angka dan puzzle.

Baca juga: Selain Teka-teki Silang, Ini Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Otak

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X