Kompas.com - 22/10/2020, 14:57 WIB
Ilustrasi gerakan burpee. Tangkap layar InsiderIlustrasi gerakan burpee.

KOMPAS.com - Burpees adalah gerakan tubuh total yang memberi banyak manfaat kesehatan.

Meski begitu, melakukannya dalam beberapa repitisi sedikit berat dan membuat banyak orang mengeluh.

"Ini adalah gerakan tubuh total yang benar-benar dapat meningkatkan detak jantung kita," kata pelatih kebugaran di Gold's Gym Austin, Texas, Ally McKinney, seperti dilansir Insider.

Ia menambahkan, beberapa manfaat burpee di antaranya membakar banyak kalori, serta meningkatkan mobilitas, kesadaran tubuh,dan daya tahan kardiovaskular.

Burpee melatih berbagai otot Burpees menargetkan beberapa kelompok otot terbesar di tubuh, seperti bahu, glute, quad, dan hamstring.

Ketika melakukan gerakan burpee yang naik-turun, hampir setiap otot harus berkontraksi.

Baca juga: 4 Cara Membakar Kalori Lebih Banyak Saat Berenang, Mau Tahu?

Membakar banyak kalori
Sebuah penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Science and Medicine in Sports membandingkan burpee dengan lari sprint.

Sebanyak 24 orang berpartisipasi dibagi ke dalam dua kelompok untuk melakukan burpee dan sprint. Mereka melakukannya selama satu minggu.

Hasilnya, burpee membuat peserta lebih kelelahan di tubuh bagian atas dan para peserta menganggapnya lebih sulit daripada sprint.

"Burpee adalah pembakar kalori yang hebat," kata McKinney.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X