Yuk, Ajak Anak-anak Kelola Sampah di Rumah untuk Usir Jenuh

Kompas.com - 31/10/2020, 19:09 WIB
Ilustrasi membuat pupuk organik atau kompos dari limbah Shutterstock/Marina LohrbachIlustrasi membuat pupuk organik atau kompos dari limbah

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19, semua kegiatan belajar yang biasanya dilakukan anak-anak di sekolah, sekarang berpindah ke dalam rumah.

Tentu saja, belajar dari rumah bisa menimbulkan kejenuhan pada anak-anak, karena kurangnya waktu untuk bermain dan berinteraksi bersama teman.

Bagi para orangtua, mengajak anak-anak untuk mengelola sampah di rumah dapat menjadi solusi mengatasi kejenuhan.

Baca juga: Cara Anne Avantie Atasi Kejenuhan, Masak hingga Layani Foto Bareng

Di samping itu, mengelola sampah juga mampu memantik rasa peduli anak-anak terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Berikut ini adalah tips mengelola sampah yang bisa diterapkan di rumah, supaya anak-anak tidak merasa bosan.

1. Membuat pupuk

Sebelum pandemi, beberapa sekolah mungkin sudah ada yang memberikan materi dalam mengelola sampah yang baik.

Misalnya, dengan membuat pupuk dari sampah-sampah organik.

"Salah satu murid kami yang masih kelas I SD sudah mulai mengelola sampah di rumah dengan membuat pupuk dari cangkang telur yang tidak terpakai di rumahnya."

Begitu pengakuan Wakil Kepala Sekolah di SDIT Anak Shalih Bogor, Selma Kurniawan dalam webinar bersama Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) melalui aplikasi Zoom, Sabtu (31/10/2020).

Baca juga: Jelaskan Cara Membuat Pupuk Organik! Jawaban TVRI SD Kelas 4-6

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X