Kompas.com - 09/11/2020, 09:05 WIB
Warga beraktivitas di Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai membuka 16 taman kota di masa PSBB transisi dengan jumlah pengunjung hanya 25 persen dari kapasitas maksimum. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYWarga beraktivitas di Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Pemprov DKI Jakarta mulai membuka 16 taman kota di masa PSBB transisi dengan jumlah pengunjung hanya 25 persen dari kapasitas maksimum.

KOMPAS.com - Merokok adalah kebiasaan yang sangat sulit dihentikan.

Segala upaya mungkin sudah dilakukan, namun tetap tak bisa membuat kebiasaan merokok hilang.

Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perokok lebih mungkin berhasil melepaskan kebiasaan merokok jika tinggal di dekat ruang terbuka hijau.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa mereka yang tinggal di lingkungan yang rindang cenderung tidak merokok.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Science & Medicine itu didasarkan pada data Health Survey for England (HSE) dari lebih dari 8.000 orang dewasa.

Leanne Martin dari University of Plymouth yang menjadi penulis utama studi tersebut mengklaim penelitian tersebut adalah yang pertama yang menyelidiki hubungan antara lingkungan hijau dan perilaku merokok di Inggris.

"Temuan ini mendukung kebutuhan untuk melindungi dan berinvestasi dalam sumber daya alam, baik di masyarakat perkotaan maupun pedesaan, untuk memaksimalkan manfaat kesehatan masyarakat yang mungkin mereka dapatkan," ungkapnya, seperti dilansir BBC Science Focus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, jika penelitian tersebut didukung oleh penelitian lebih lanjut, maka intervensi berbasis alam dapat diresepkan untuk membantu individu yang mencoba berhenti merokok.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Harus Berhenti Merokok Mulai Hari Ini

Studi sebelumnya oleh tim yang sama menunjukkan bahwa akses ke ruang hijau berkaitan dengan berkurangnya keinginan mengonsumsi alkohol dan makanan tidak sehat serta kesejahteraan fisik dan mental yang lebih baik.

Di antara mereka yang mengambil bagian dalam survei, di bawah seperlima (19 persen) menggambarkan diri mereka sebagai perokok aktif, sementara hampir setengahnya (45 persen) mengatakan bahwa mereka pernah merokok secara teratur pada beberapa waktu selama hidup mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.