Kompas.com - 27/11/2020, 16:34 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan merupakan musuh bersama masyarakat, bahkan di dunia. Sikap saling menguatkan dan membantu sesama sangat dibutuhkan pada saat ini.

Hidup berbagi dan gotong royong meringankan beban sesama sebenarnya bukan hal yang baru bagi Indonesia.

Setiap ada bencana alam di Indonesia, aksi penggalangan dana selalu dilakukan, baik oleh perorangan, komunitas masyarakat, maupun lembaga. Sekarang saat pandemi Covid-19, rasa kesetiakawanan tersebut semakin teruji.

Setiap orang bisa berbagi kebagian sesuai peran dan kemampuan masing-masing. Bahkan, sesederhana menanyakan “apa kabar” pada tetangga, teman kantor, dan kerabat pun bisa membawa rasa bahagia karena diperhatikan.

Memperingati Random Act of Kindness Friday di Amerika Serikat, yang diperingati setiap Jumat terakhir di bulan November, produsen susu segar Greenfields mengampanyekan pentingnya berbuat kebaikan tanpa alasan tertentu, selain hanya ingin menyenangkan orang lain.

Ada beberapa ide perbuatan kebaikan kecil secara random, misalnya saja memberi penghargaan kepada orang lain lewat ucapan terima kasih atau pujian.

Baca juga: Sedang Sedih? Cari Kebahagiaan dengan Menolong Orang Lain

 

Memuji pekerjaan anak buah atau rekan kerja untuk membuatnya lebih bersemangat, bisa kita lakukan. Atau ajak pasangan beristirahat sejenak di sela kesibukan WFH sambil menikmati camilan favorit.

Anda juga dapat beramal dengan menyumbangkan buku, uang, atau pakaian. Banyak badan amal yang bisa dicari secara daring untuk memberi informasi lengkap mengenai cara pemberian sumbangan di masa seperti sekarang.

Terakhir adalah berbagi makanan. Tidak perlu hidangan yang rumit, sesuatu yang simple tetapi bisa membuat teman yang menerimanya merasa senang.

Greenfields membagikan resep-resep makanan yang lezat dan bernutrisi tinggi, tetapi mudah dibuat. Salah satunya adalah Spinach and Ricotta Roll.

Baca juga: Bohongi Anak walau demi Kebaikan Tetap Berdampak Negatif

Berikut cara membuatnya:

Bahan-bahan:
1 lembar puff pastry
Bumbu Italia
Garam dan merica secukupnya
450 gram bayam beku, tiriskan, iris-iris
150 gram Greendfields Ricotta Cheese
1 butir telur, dikocok
100 gram bawang Bombay.

Spinach and Ricotta Roll.

Dok Greenfields Spinach and Ricotta Roll.

Cara membuat:
- Panaskan wajan dengan api sedang lalu tambahkan minyak. Tumbis bawang Bombay sampai harum. Tambahkan bayam. Bumbui dengan bumbu Italia.
- Panaskan oven hingga 190 derajat celcius.
- Tambahkan keju ricotta ke campuran bayam. Rasakan, tambahkan bumbu hingga rasanya cocok.
- Susun campuran bayam secara horizontal di atas puff pastry, lalu gulung dengan kencang.
- Oleskan permukaan puff pastry dengan telur yang sudah dikocok.
- Panggang dalam oven selama 10 menit atau sampai berwarna cokelat
- Potong sesuai keinginan sebelum disajikan.

Baca juga: Kenali Nutrisi Utama Keju Ricotta dan Ide Mengolahnya

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X