Haruskah Memakai Masker walau Sedang di Rumah?

Kompas.com - 28/11/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi memakai masker mencegah infeksi virus corona, penularan Covid-19. Shutterstock/DelirisIlustrasi memakai masker mencegah infeksi virus corona, penularan Covid-19.

KOMPAS.com — Sejak virus corona merebak, imbauan untuk memakai masker di tempat-tempat umum pun digaungkan.

Mengingat penyebaran virus corona di Indonesia belum juga menurun, pemerintah masih menganjurkan pemakaian masker untuk kamu yang akan bepergian keluar rumah, terutama saat mengunjungi tempat-tempat yang ramai.

Memakai masker saat akan bertemu banyak orang yang tidak dikenal mungkin masuk akal. Namun, bagaimana jika kita sedang bersama teman atau keluarga yang kita kenal?

Apakah kita juga harus menggunakan masker di dalam mobil, bahkan di dalam rumah kita sendiri? Apakah itu tidak berlebihan?

Sebenarnya hal itu tidak berlebihan. Menurut spesialis penyakit menular Donald Dumford III, MD, MPH, kita perlu mengenakan masker saat bertemu dengan orang yang tidak tinggal serumah dengan kita, walaupun itu sahabat atau keluarga sekalipun.

Kita bisa jadi telah mengerti bagaimana keluarga atau orang yang tinggal satu atap dengan kita menjalankan protokol kesehatan. Kita juga tahu ke mana saja mereka bepergian.

Akan tetapi, untuk keluarga atau teman yang tidak tinggal serumah, kita tak pernah tahu keseharian, ke mana mereka pergi, dengan siapa mereka bertemu, dan bagaimana kondisi kesehatannya.

Untuk itu, saat orang yang tak tinggal bersamamu berkunjung ke rumah, kamu bisa meminta mereka dengan sopan untuk menggunakan masker sebagai tindakan pencegahan. Kamu sendiri juga harus memakai masker saat menemuinya.

“Kami telah melihat banyak contoh penularan dengan cara ini apakah itu lewat pesta ulang tahun, acara pernikahan, atau sekadar bertamu biasa. Saya pernah melihat pasien menjadi sakit setelah teman mereka datang untuk makan malam,” kata Dr Dumford.

Penularan di lingkungan keluarga dan pertemanan ini sangat mudah terjadi karena kebanyakan dari kita merasa kenal dekat dengan mereka, sampai mengira bahwa mereka tak akan membawa virus itu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X