Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2020, 09:42 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Sejak virus corona merebak, imbauan untuk memakai masker di tempat-tempat umum pun digaungkan.

Mengingat penyebaran virus corona di Indonesia belum juga menurun, pemerintah masih menganjurkan pemakaian masker untuk kamu yang akan bepergian keluar rumah, terutama saat mengunjungi tempat-tempat yang ramai.

Memakai masker saat akan bertemu banyak orang yang tidak dikenal mungkin masuk akal. Namun, bagaimana jika kita sedang bersama teman atau keluarga yang kita kenal?

Apakah kita juga harus menggunakan masker di dalam mobil, bahkan di dalam rumah kita sendiri? Apakah itu tidak berlebihan?

Sebenarnya hal itu tidak berlebihan. Menurut spesialis penyakit menular Donald Dumford III, MD, MPH, kita perlu mengenakan masker saat bertemu dengan orang yang tidak tinggal serumah dengan kita, walaupun itu sahabat atau keluarga sekalipun.

Kita bisa jadi telah mengerti bagaimana keluarga atau orang yang tinggal satu atap dengan kita menjalankan protokol kesehatan. Kita juga tahu ke mana saja mereka bepergian.

Akan tetapi, untuk keluarga atau teman yang tidak tinggal serumah, kita tak pernah tahu keseharian, ke mana mereka pergi, dengan siapa mereka bertemu, dan bagaimana kondisi kesehatannya.

Untuk itu, saat orang yang tak tinggal bersamamu berkunjung ke rumah, kamu bisa meminta mereka dengan sopan untuk menggunakan masker sebagai tindakan pencegahan. Kamu sendiri juga harus memakai masker saat menemuinya.

“Kami telah melihat banyak contoh penularan dengan cara ini apakah itu lewat pesta ulang tahun, acara pernikahan, atau sekadar bertamu biasa. Saya pernah melihat pasien menjadi sakit setelah teman mereka datang untuk makan malam,” kata Dr Dumford.

Penularan di lingkungan keluarga dan pertemanan ini sangat mudah terjadi karena kebanyakan dari kita merasa kenal dekat dengan mereka, sampai mengira bahwa mereka tak akan membawa virus itu.

Padahal, banyak orang yang tampaknya sehat ternyata adalah pembawa virus. Mereka bisa saja termasuk orang tanpa gejala.

Banyak kasus memperlihatkan bagaimana seseorang jatuh sakit setelah bertemu teman baik atau saudara dekatnya. Mereka tidak sadar bahwa virus corona bisa menular dari orang terdekat kita.

Untuk mahasiswa atau mereka yang merantau dan ingin kembali ke kampung halaman di mana orangtua mereka tinggal, sebaiknya mintalah mereka menggunakan masker saat pulang dan pastikan juga mereka tak berkumpul dengan banyak teman-temannya sebelum pulang.

Jika mereka memiliki rencana untuk berkumpul dengan teman-teman saat mereka di rumah, sebaiknya mintalah mereka untuk tinggal terpisah dari keluarga, terutama dari mereka yang sudah tua.

“Kamu tentu tidak nyaman memberi tahu seseorang yang begitu dekat untuk mengambil tindakan pencegahan semacam ini, tetapi faktanya banyak penularan dipicu oleh orang-orang yang sedikit bergejala atau asimtomatik antara usia 12 dan 20 tahun,” kata Dr Dumford.

Baca juga: Studi: Penularan Covid-19 Lebih Sering Terjadi di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com