Kompas.com - 09/12/2020, 10:49 WIB

KOMPAS.com— Mandi memang dibutuhkan untuk membersihkan kulit. Namun, pada bayi baru lahir ada hal yang perlu diperhatikan agar bayi tetap nyaman.

Memandikan bayi artinya akan membasahi tubuh mereka dengan air dan sabun. Paparan air yang berlebihan dapat menghilangkan kelembapan kulit dan memperburuk kondisi kulit seperti eksim. 

Di lain pihak, jarang memandikan bayi juga dapat memperburuk eksim, dan juga menyebabkan infeksi lainnya.

Menurut dokter anak Scott Grant, mandi bukan satu-satunya hal yang akan membuat kulit bayi baru lahir bermasalah.

"Penggunaan produk mandi, termasuk lotion yang mengandung pewarna atau pewangi, dapat bereaksi dengan kulit bayi dan memperburuk eksim, bahkan bayi jika tidak mandi’,” kata Dr. Grant.

Baca juga: Bayi Gemuk Berisiko Tinggi Derita Gangguan Irama Jantung

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi yang baru lahir harus dimandikan pertama kali sekitar 24 jam setelah lahir.

Penundaan tersebut dapat menurunkan risiko hipotermia dan hipoglikemia. Hal ini juga berkontribusi pada keberhasilan menyusui, dan melembabkan kulit.

Tetap gunakan spons mandi sampai tali pusar mereka lepas, biasanya dalam beberapa minggu setelah lahir.

AAP merekomendasikan untuk memandikan bayi tiga kali seminggu hingga ulang tahun pertamanya. Namun, kita hidup di negara tropis yang cuacanya panas dan lembab. Jarang memandikan dapat membuat bayi berkeringat. Lebih baik mandikan minimal satu kali sehari dengan air suam-suam kuku.

“Secara umum, aturan mandi ini cukup selama area popok dibersihkan dengan benar pada setiap penggantian popok,” imbuhnya.

Untuk bayi laki-laki, tarik perlahan kulup untuk membersihkan area di bawahnya. Untuk anak perempuan, area di sekitar vagina memiliki lipatan serupa yang harus dibersihkan dengan baik.

Baca juga: Persalinan Caesar Bikin Bayi Berisiko Tinggi Sakit Asma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.