Kompas.com - 14/12/2020, 21:07 WIB
Ilustrasi seseorang menolak minum alkohol AndreyCherkasovIlustrasi seseorang menolak minum alkohol

KOMPAS.com - Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan bisa berakibat buruk pada tubuh, begitu pula dengan minuman beralkohol.

Menenggak minuman beralkohol secara berlebihan bisa membawa dampak negatif bagi organ tubuh.

Dampak tersebut bisa terjadi antara lain, melemahkan otot jantung, detak jantung tidak teratur, sesak napas, dan batuk berkepanjangan.

Baca juga: Awas, Minum Alkohol Jumlah Sedang Pun Tetap Pengaruhi Jantung

Tak hanya itu, alkohol juga meningkatkan risiko terkena serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak seringkali dimulai sejak usia muda.

Namun, ada baiknya menghentikan kebiasaan ini, khususnya ketika usia sudah kian bertambah, atau pun di usia-usia tertentu dalam hidup.

Usia tua

Setidaknya, itulah hasil studi terbaru yang menyimpulkan bahwa menikmati alkohol berlebihan saat sudah berusia di atas 65 tahun, bisa merusak otak.

Baca juga: Melihat Kegemaran Minum Alkohol Para Perempuan Kerajaan Inggris

Dalam paparan penelitian yang dimuat dalam jurnal medis BMJ, Tony Rao, yang menjadi salah satu penulis studi dan psikiater lansia membeberkan temuannya seperti dikutip the Independent.

"Jika kita memperhitungkan dampak pandemi Covid-19, orang tua di kelompok usia 65-74 tahun menunjukkan peningkatan tertinggi dalam kemungkinan ketergantungan alkohol," tulis Rao.

Ia melihat peningkatan konsumsi alkohol berlebihan pada orang berusia lanjut, dan menurut dia hal itu bisa berdampak serius pada fungsi otak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X