Kompas.com - 30/12/2020, 16:36 WIB
Ilustrasi masakan dengan sayur-sayuran. Makan lebih banyak sayuran bisa menjadi langkah awal memulai hidup lebih sehat di 2021. SHUTTERSTOCK/SERGIY BYUKHUNENKOIlustrasi masakan dengan sayur-sayuran. Makan lebih banyak sayuran bisa menjadi langkah awal memulai hidup lebih sehat di 2021.

KOMPAS.com - Tahun 2021 tinggal menghitung hari. Tidak ada salahnya memulai tahun baru dengan kebiasaan baru yang lebih sehat.

Tak perlu merencanakan serangkaian latihan keras atau diet ketat. Anda cukup memulainya dengan menambahkan beberapa jenis makanan bernutrisi ke pola makan sehari-hari, seperti:

1. Sayuran hijau

Ahli nutrisi Dr. Penny Kris-Etherton, PhD, RD mengatakan, sayuran hijau adalah makanan rendah kalori tetapi mengandung banyak nutrisi.

Nutrisi yang terkandung antara lain serat, vitamin A, B, C, E, dan K, serta mineral, seperti kalsium, magnesium, kalium, selenium, seng, dan besi.

Sayuran hijau juga merupakan sumber flavonoid serta karotenoid yang dapat membantu menangkal penyakit inflamasi dan kronis.

Baca juga: Hobi Makan Sayur Kunci Panjang Umur?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian merupakan sumber protein nabati, lemak sehat (asam lemak tak jenuh), serat, serta mineral, seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi nabati, dan seng.

Selain itu, kacang dan biji-bijian juga mengandung vitamin B1, B2, B3, dan vitamin E.

"Kacang merupakan sumber antioksidan dan polifenol yang memiliki sifat anti-inflamasi," kata Dr. Kris-Etherton.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X