Lakukan 3 Langkah Penting Ini Jika Alami Gejala Ringan Covid-19

Kompas.com - 08/01/2021, 20:25 WIB
Warga berjalan di depan mural dengan tema COVID-19 di halaman Balai Kota Depok, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/1/2021). Gubernur Jawa Barat menyatakan Kota Depok dan Kabupaten Karawang berstatus siaga 1 disebabkan selama sebulan berada di zona merah dalam risiko penularan COVID-19. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww. ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHAWarga berjalan di depan mural dengan tema COVID-19 di halaman Balai Kota Depok, Depok, Jawa Barat, Rabu (6/1/2021). Gubernur Jawa Barat menyatakan Kota Depok dan Kabupaten Karawang berstatus siaga 1 disebabkan selama sebulan berada di zona merah dalam risiko penularan COVID-19. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.

KOMPAS.com - Kasus Covid-19 tanah air kembali mencatatkan rekor pada Jumat (8/1/2021), yakni menembus angka 10.617 kasus.

Tren kenaikan kasus ini terjadi setelah libur panjang akhir tahun.

Sejauh ini, mayoritas orang yang terinfeksi Covid-19 atau sekitar 80 persen sebetulnya adalah orang tanpa gejala atau mengalami gejala ringan.

Sementara pasien dengan gejala sedang-berat sekitar 10-15 persen dan pasien kritis Covid-19 hanya sekitar 5 persen.

Karena mayoritas orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala atau hanya memiliki gejala ringan, maka penting agar setiap orang yang mengalami gejala tersebut melakukan pemeriksaan.

Baca juga: 4 Pengetahuan tentang Covid-19 yang Masih Banyak Keliru di Masyarakat

Nah, jika Anda mulai merasakan gejala mirip Covid-19, tak perlu panik.

Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk ikut berkontribusi menekan angka penularan Covid-19:

1. Kenali gejalanya

Menurut Spesialis Asma dan Paru RS EMC Sentul, dr Herman, SpP, pasien yang merasakan gejala ringan sebaiknya segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk memeriksakan diri dan memastikan tingkat keparahan gejalanya.

Adapun beberapa gejala awal Covid-19 antara lain:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X