Nikah Bikin Stres? Ada Cara untuk Menghadapinya

Kompas.com - 09/01/2021, 09:44 WIB
Pasangan yang berkonflik fizkesPasangan yang berkonflik
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pasangan yang sudah menikah tidak hanya merasakan hal yang manis-manis saja. Ada kalanya, konflik timbul dalam rumah tangga.

Namun yang perlu diwaspadai adalah jika perdebatan terjadi tentang hal-hal  yang seharusnya sudah disepakati, dan muncul hampir tiap hari.

Misalnya seputar siapa yang mencuci piring, membersihkan rumah, dan mengasuh anak. Perdebatan yang terus menerus mengenai masalah ini bikin kita stres..

Stres di dalam pernikahan yang terjadi secara terus-menerus akan berpengaruh pada kondisi kesehatan fisik dan emosional kamu dan pasangan.

Psikolog Ted Raddell, PhD mengatakan, kualitas pernikahan menentukan kualitas kesehatan pasangan secara keseluruhan.

Jika hubungan mengalami kendala, kita akan melihat gejala umum dari stres, seperti sakit kepala, masalah perut, dan otot yang tegang.

"Apabila stres terus berlanjut, hal itu memengaruhi fungsi kekebalan kita dan kita lebih rentan terhadap semua jenis masalah fisik," kata Raddell.

Satu studi terbaru menemukan, konflik pernikahan dan depresi memicu kesehatan pencernaan yang buruk.

Baca juga: Pertengkaran Suami-Istri Picu Penyakit dan Masalah Pencernaan

Sementara itu, studi lain menunjukkan bahwa hubungan pernikahan yang buruk terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Umumnya, stres akan menghasilkan respons "fight or flight" (lawan atau lari) dalam keadaan darurat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X