Kompas.com - 11/01/2021, 18:25 WIB
Ilustrasi interior rumah rapi. cleanmyspace.comIlustrasi interior rumah rapi.

KOMPAS.com— Masa kita bekerja, bersekolah, atau pun berlibur di rumah saja, sepertinya masih akan panjang karena pandemi belum berakhir.

Untuk itu, kita perlu menciptakan ruangan di rumah yang dapat memelihara kesehatan mental dan emosional. Lingkungan rumah yang nyaman juga sekaligus mengurangi stres yang dapat memicu stres.

Sebaliknya, lingkungan yang berantakan dapat memperburuk perasaan kita dan memicu kecemasan atau memperbesar rasa bosan sehingga kita ingin "kabur" ke tempat lain.

Membuat pilihan yang lebih cerdas dalam menata ruangan akan mempermudah kita untuk membersihkanya dan akan meningkatkan rasa bahagia. Pada akhirnya ini memberikan harapan baru, terutama selama masa-masa pandemi yang seperti tak berujung ini.

Baca juga: Jaga Psikologi Anak Selama Pandemi, Orangtua Harus Bangun Suasana Rumah Menyenangkan

Berikut adalah beberapa ide untuk menata lingkungan kesehatan mental yang positif.

1. Ketahui informasi seputar kesehatan mental

Bekali diri dengan informasi seputar kesehatan mental, termasuk gejalanya, cara menghadapi, dan hal-hal yang perlu diwaspadai.

Setelah mengenali tandanya, jangan melakukan diagnosa pada diri sendiri. Carilah bantuan profesional seperti psikiater untuk memastikan apakah yang kita alami merupakan gangguan kesehatan atau bukan.

2. Tidur siang 10-20 menit

Meskipun orang dewasa disarankan untuk tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap hari ini terkadang tidak cukup, baik karena kegelisahan atau kurangnya kuantitas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X