Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2021, 18:25 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com— Masa kita bekerja, bersekolah, atau pun berlibur di rumah saja, sepertinya masih akan panjang karena pandemi belum berakhir.

Untuk itu, kita perlu menciptakan ruangan di rumah yang dapat memelihara kesehatan mental dan emosional. Lingkungan rumah yang nyaman juga sekaligus mengurangi stres yang dapat memicu stres.

Sebaliknya, lingkungan yang berantakan dapat memperburuk perasaan kita dan memicu kecemasan atau memperbesar rasa bosan sehingga kita ingin "kabur" ke tempat lain.

Membuat pilihan yang lebih cerdas dalam menata ruangan akan mempermudah kita untuk membersihkanya dan akan meningkatkan rasa bahagia. Pada akhirnya ini memberikan harapan baru, terutama selama masa-masa pandemi yang seperti tak berujung ini.

Baca juga: Jaga Psikologi Anak Selama Pandemi, Orangtua Harus Bangun Suasana Rumah Menyenangkan

Berikut adalah beberapa ide untuk menata lingkungan kesehatan mental yang positif.

1. Ketahui informasi seputar kesehatan mental

Bekali diri dengan informasi seputar kesehatan mental, termasuk gejalanya, cara menghadapi, dan hal-hal yang perlu diwaspadai.

Setelah mengenali tandanya, jangan melakukan diagnosa pada diri sendiri. Carilah bantuan profesional seperti psikiater untuk memastikan apakah yang kita alami merupakan gangguan kesehatan atau bukan.

2. Tidur siang 10-20 menit

Meskipun orang dewasa disarankan untuk tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap hari ini terkadang tidak cukup, baik karena kegelisahan atau kurangnya kuantitas.

Pertimbangkan untuk tidur siang 10 hingga 20 menit jika diperlukan untuk memulihkan energi dan fokus. Setel alarm agar kamu tidak tidur siang terlalu lama dan mengganggu siklus tidur di malam hari.

Jika pikiran gelisah, pertimbangkan untuk tuliskan hal-hal yang mengganggu di buku jurnal untuk menjernihkan pikiran agar proses tidur siang lebih mudah.

Baca juga: Efek Tidur Siang Terlalu Lama bagi Kesehatan

3. Luangkan waktu 30 menit untuk mengasah hobi setiap hari

Dengan membiarkan diri kita berfokus pada sesuatu yang produktif, seperti melakukan hobi, dapat memberikan kegembiraan dan harapan saat berjuang menghadapi tantangan kesehatan mental.

4. Pastikan lingkungan yang bersih dan teratur di rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com