Kompas.com - 14/01/2021, 20:51 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Bagi banyak orang, menikah mendatangkan kebahagiaan. Hidup bersama pasangan dapat membuat seseorang merasa lebih dicintai, diperhatikan, dan dipedulikan.

Selain itu, sejumlah pasangan suami istri juga menjadi lebih sehat setelah menikah. Hal ini dibuktikan oleh penelitian dari Brigham Young University.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap 4.746 pasangan suami istri dengan rentang usia 51-61 tahun, pernikahan berdampak pada kesehatan.

Hal ini dikarenakan pasangan saling meniru kebiasaan sehat satu sama lain. Pasangan juga merupakan cermin yang berkaitan dengan status kesehatan.

Seorang pria yang sehat di awal usia 50-an kemungkinan besar memiliki istri yang menerapkan pola hidup sehat. Begitu juga sebaliknya.

Penelitian itu mengungkapkan, pasangan hidup dalam lingkungan yang sama terkait urusan makanan, olahraga, pengelolaan stres, dan berbagi tekanan emosional.

Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan, pernikahan dapat meningkatkan kesehatan seseorang apabila pasangannya juga mendukung.

Berikut manfaat kesehatan terkait dengan pernikahan seperti yang diungkap The Healthy.

1. Berolahraga

Tak sedikit pasangan yang meluangkan waktu untuk berolahraga bersama. Entah hanya sekadar jalan kaki di sekitar rumah, lari pagi, maupun pergi ke gym.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X