Kompas.com - 16/01/2021, 14:54 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com— Kemampuan berbagi dan berempati kepada sesama sangat penting diajarkan pada anak untuk bekal mereka dalam bersosial saat dewasa nanti.

Namun, mengajarkan berbagi seringkali sulit diterima bagi anak usia dini. Apalagi jika ia harus merelakan mainan favoritnya dipinjam oleh teman atau saudaranya. 

Untuk itu, ada tujuh cara menyenangkan yang bisa dicoba untuk mengajarkan anak tentang berbagi.

1. Dimulai sejak dini

Ajarkan konsep berbagi dengan anak sejak dini.Tunjukkan kepada mereka cara berbagi saat bermain bersama saudara atau temannya dengan mengatakan hal-hal seperti “sekarang giliranmu” saat giliran mereka memainkan sebuah mainan.

Demikian pula halnya ketika tiba giliran ibu atau ayah  Dengan begitu, mereka bisa memahami konsep sederhana tentang berbagi di usia muda.

Baca juga: 6 Langkah Ajari Body Positivity pada Anak sejak Usia Dini

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Jadilah contoh

Ketika anak-anak melihat orang di sekitarnya berbagi sesuatu dengan orang lain, mereka juga akan menangkap perilaku itu dan mencontohnya.

Tunjukkan kepada anak bahwa kamu bisa berbagi dengan teman atau orang yang sedang membutuhkan. 

Anda bisa mengatakan sesuatu seperti "ibu berbagi makanan dengan teman ibu”. Ini menunjukkan kepada mereka bahwa berbagi adalah hal yang baik dan mereka juga bisa melakukannya.

Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.