Kompas.com - 15/01/2021, 11:31 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com - Penting bagi seorang anak untuk memiliki kesadaran dan kepercayaan diri terhadap tubuh karena berdampak pada perkembangannya kelak.

Menurut konselor profesional Kerry Heath, LPC-S, NCC, CEDS-S, anak yang tidak percaya diri dengan tubuhnya berisiko lebih tinggi mengalami gangguan makan, suasana hati, dan kecemasan.

Jadi, orangtua perlu mengajari nilai-nilai body positivity kepada anak sejak dini. Body positivity adalah pola pikir positif terhadap bentuk tubuh.

Baca juga: Mencegah Body Shaming di Dunia Maya

Dengan begitu, anak memiliki kesadaran jika semua bentuk tubuh dapat diterima. Selain itu, anak juga menjadi percaya diri dengan tubuhnya.

Penelitian menunjukkan, anak-anak mulai berbicara tentang tubuhnya sejak usia lima tahun. Di waktu inilah orangtua bisa mulai menjelaskan body positivity.

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membahas body positivity dengan anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Ajari mengenali tubuh

Dorong anak untuk mengenal tubuhnya. Orangtua bisa memberi tahu anggota tubuh seperti tangan, kaki, jari tangan, jari kaki, hidung, dan mata bahkan sejak anak berusia enam bulan.

"Pada usia satu tahun, pemahaman dasar tentang tubuh mulai muncul pada anak. Orangtua harus mendorong anaknya untuk menunjuk dan menyebutkan beberapa bagian tubuh."

Demikian yang dikatakan dokter anak dan keluarga Natalie Geary, MD kepada Parents.

Kemudian, seiring bertambahnya usia anak, orangtua bisa meminta anak berdiri di depan cermin sambil memegang anggoga tubuh tertentu dan mengatakan hal-hal positif.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.