6 Cara Kembalikan Kepercayaan Pasangan Setelah Ketahuan Berbohong

Kompas.com - 19/01/2021, 19:53 WIB
Ilustrasi pasangan shutterstockIlustrasi pasangan

KOMPAS.com - Sulit untuk menerima kebohongan dalam suatu hubungan. Sebab kebohongan kecil sekalipun bisa merusak kepercayaan di antara pasangan.

Perasaan tidak nyaman dan tersakiti bukan hanya dirasakan oleh pihak yang dibohongi. Pihak yang membohongi pun bisa merasa kacau. Apalagi jika pasangan tidak lagi percaya.

Kendati demikian, pihak yang berbohong biasanya akan berusaha mendapatkan kepercayaan kembali.

Bila Anda sedang berada dalam posisi tersebut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

1. Pertimbangkan alasan

Sebelum memulai proses membangun kembali kepercayaan, langkah pertama adalah memeriksa diri sendiri. Pahami alasan melakukan kebohongan.

Apakah Anda ingin mengakhiri hubungan tetapi tidak tahu caranya? Adakah hal yang tidak dipenuhi oleh pasangan? atau mungkin itu hanya kesalahan bodoh.

Memahami motif di balik perilaku bisa jadi sulit. Tetapi ini adalah bagian penting untuk membangun kepercayaan kembali.

2. Minta maaf dengan tulus

Penting untuk memahami bahwa kebohongan adalah kesalahan. Sebaiknya, minta maaf kepada pasangan dengan tulus. Ini cara yang baik untuk mulai menebus kesalahan.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X