Cara Menghilangkan Noda Kopi dan Teh dari Mug Kesayangan

Kompas.com - 22/01/2021, 07:43 WIB
Ilustrasi mug kotor shutterstockIlustrasi mug kotor

KOMPAS.com - Mug kesayangan seringkali ternoda karena kebiasaan kita minum kopi dan teh. Noda yang ditinggalkan membuat mug tak lagi sedap dipandang dan terkesan kotor.

Noda yang susah hilang di mug ini terjadi karena tanin, senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan yang memberi rasa pahit dan pekat. Sehingga, bila cairan kopi dan teh terlalu lama di dalam mug, noda tak akan hilang dengan sekali cuci.

Untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa metode yang bisa dicoba untuk menghilangkan noda pada mug kesayanganmu.

1. Rendam dengan sabun

Sabun cuci piring diformulasikan untuk mengangkat noda sehingga bisa menjadi langkah pertama untuk menghilangkan noda kopi dari mug.

Teteskan sedikit sabun ke dalam mug, tambahkan air hangat secukupnya untuk menutupi noda, dan aduk campuran.

Biarkan cairan itu di dalam mug beberapa menit hingga meresap. Setelah itu, gosok-gosok mug dengan spons lembut dan bilas sampai bersih.

Baca juga: Tips Bersihkan Noda dan Lemak pada Peralatan Makan

2. Gosok dengan baking soda

Jika sabun tidak berhasil, cobalah membersihkan noda dengan soda kue. Taburkan sekitar 1 sendok teh baking soda di atas noda dan tambahkan sedikit air.

Gosok noda dengan spons lembut dan lembap. Sifat soda kue yang lembut dan abrasif membantu mengangkat noda kopi atau teh dari permukaan.

Halaman:


Sumber BHG

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X