Kompas.com - 11/02/2021, 11:17 WIB
Ilustrasi merayakan Imlek di rumah. PEXELS/RODNAE PRODUCTIONSIlustrasi merayakan Imlek di rumah.

KOMPAS.com - Tahun baru Imlek akan kembali dirayakan pada Jumat (12/2/2021) besok.

Di samping perayaan, tentu saja hal yang dinantikan dari Tahun Baru Imlek adalah kuliner khasnya.

Ada banyak daftar hidangan yang "wajib" tersaji  saat merayakan Tahun Baru Imlek. Sebab, setiap makanan mempunyai makna masing-masing.

Baca juga: 6 Makanan Keberuntungan Khas Imlek dan Maknanya

Mulai dari memperpanjang usia hingga meningkatkan keberuntungan, yuk simak daftar makanan yang khas di Tahun Baru Imlek.

1. Yusheng

Komposisi makanan ini adalah salad berisi irisan halus  wortel, lobak, potongan ikan tuna atau salmon mentah segar yang direndam dan dicampur ke dalam minyak wijen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk sausnya, yusheng menggunakan campuran minyak goreng dan minyak wijen dengan tambahan saus buah plum, bubuk kayu manis, dan gula pasir.

Biasanya, setiap anggota keluarga di rumah akan duduk bersama di meja makan dan mengaduk yusheng dengan sumpit sembari mengucapkan selamat tahun baru.

Kemudian, yusheng tersebut diangkat tinggi-tinggi. Ini merupakan simbol di mana harapan akan terkabul, serta memperoleh peruntungan yang baik di tahun yang baru.

2. Ikan bandeng

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X