Kompas.com - 11/02/2021, 11:53 WIB
Gerai Uniqlo SHUTTERSTOCKGerai Uniqlo

KOMPAS.com - Tak sedikit para pencinta mode yang senang bergaya menggunakan pakaian atau produk mode dari brand internasional. Beberapa di antaranya bahkan sampai pergi ke luar negeri untuk membeli langsung dari negara asalnya.

Tapi, tahukah kamu bahwa sejumlah brand ternyata memproduksi sebagian produknya di Indonesia, lho.

Informasi ini sempat kembali dibagikan lewat sebuah unggahan TikTok dari akun @fernandoyosse99, belum lama ini.

Dalam video, penggunggah menyebutkan beberapa brand yang memproduksi pakaiannya di Indonesia, di antaranya Calvin Klein dan Hugo Boss yang diproduksi di Bandung, Uniqlo di beberapa lokasi termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, H&M di Cikarang, hingga Zara di Sukoharjo.

@fernandoyosse99

Brand diproduksi di Indonesia #brand #produksisendiri #madeinindonesia #madeinindonesia???????? #madeinindo #indonesia #indonesiaku #pabrik #informasi

? Classical Music - Classical Music

Baca juga: Pabrik di Wonogiri Ini Garap Pesanan H&M dan Gap

Hingga berita ini ditayangkan, video tersebut sudah disaksikan oleh lebih dari 38 ribu pengguna dan mengundang berbagai respons.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa pengguna menyebutkan brand internasional lainnya yang belum disebutkan dalam video dan ada pula pengguna yang mengatakan lokasi produksi tersebut dekat dengan rumahnya.

"Nike ada di Tangerang, tapi diproduksi buat pasar luar negeri," komentar salah seorang pengguna.

"What pabrik Zara deket rumah gwww.. Sritexx astaga gw sering lewatin Sritex," tulis pengguna lainnya di kolom komentar.

Adapun beberapa pihak brand belum merespons permintaan konfirmasi Kompas.com ketika berita ini ditayangkan.

Baca juga: HM Lukminto, Raja Tekstil yang Gigih

Negara tujuan produksi garmen
Brand yang disebutkan dalam unggahan TikTok tersebut mungkin hanya segelintir kecil dari banyaknya brand yang memproduksi sebagian produknya di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X