Kompas.com - 17/02/2021, 10:39 WIB
. VIA THINKSTOCK.

KOMPAS.com - Masalah rambut rontok dan berketombe kerap menjadi momok bagi banyak orang.

Kerap kali pula, masalah tersebut menjadi problem yang sulit diatasi. Apakah kamu juga mengalaminya?

Shahnaz Husain, perempuan pelopor gerakan kecantikan yang terkenal di India berbagi tips ringkas tentang cara menanganinya di laman sundayguardianlive.com.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Perawatan Rumahan

Shahnaz Husain menyebut, untuk mengatasi ketombe kita dapat mengoleskan hair tonic herbal pada kulit kepala setiap hari dengan gunakan kapas, lalu biarkan sejenak.

"Cuci rambut dengan sampo herbal ringan 3-4  kali seminggu dengan menggunakan lebih sedikit sampo, kemudian bilas bersih dengan air," kata dia.

"Setelah keramas, tambahkan dua sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air dan gunakan sebagai bilasan terakhir," sambung dia.

Baca juga: Cara Atasi Ketombe Membandel dengan Segera

Selanjutnya, dalam seminggu sekali, panaskan minyak zaitun dan oleskan pada kulit kepala pada malam hari. "Biarkan semalaman," cetus dia.

"Keesokan paginya, oleskan jus lemon dan biarkan 15 menit sebelum keramas," sambung Shahnaz.

Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan buah-buahan segar, salad mentah, dan yogurt dalam menu makanan harian Anda.

Baca juga: 5 Pengobatan Alami untuk Menghilangkan Ketombe di Kulit Kepala

Juga, minumlah setidaknya 6-8 gelas air setiap hari. Bila dapat, tambahkan jus lemon ke dalam segelas air, dan minumlah di pagi hari.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X