6 Vitamin dan Suplemen yang Bantu Atasi Gerd

Kompas.com - 22/02/2021, 15:08 WIB
Ilustrasi multivitamin SHUTTERSTOCK/PixelblissIlustrasi multivitamin

KOMPAS.com - Refluks asam atau yang juga dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease ( Gerd) merupakan masalah pencernaan yang umum.

Biasanya, saat seseorang mengalami refluks asam atau GERD, dirinya akan mengalami rasa mulas, mual, bersendawa, dan sakit perut.

Berbagai pengobatan alami dapat membantu mengatasi refluks asam dan meredakan gejalanya. Mulai dari vitamin, herbal, hingga suplemen.

Agar penyakit Gerd bisa tuntas, perlu melibatkan perubahan pola makan atau gaya hidup. Berikut pengobatan alami untuk mengatasi refluks asam.

Baca juga: 7 Makanan Sehat yang Ramah untuk Penderita Gerd

1. Betaine HCl dengan pepsin

Kadar asam lambung yang rendah dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi, serta menyebabkan berbagai efek samping. Termasuk refluks asam.

Dalam satu studi pada enam orang yang memiliki kadar asam lambung rendah ditemukan, konsumsi 1500 mg betaine hidroklorida (HCl) dapat meningkatkan asam lambung.

Selain itu, apabila konsumsi betain hidroklorida (HCI) dikombinasikan dengan pepsin, dapat secara signifikan mengurangi gejala seperti sakit perut dan rasa terbakar.

Pepsin adalah enzim pencernaan pada asam lambung yang dapat memecah protein menjadi unit lebih kecil. Pepsin dapat ditemukan di banyak suplemen.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada cukup bukti untuk memastikan keefektifan konsumsi betaine HCl atau pepsin untuk meningkatkan keasaman lambung.

Oleh karenanya, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuktikan efektivitas tersebut.

Baca juga: Asam Lambung Rendah Bisa Memicu Maag, Bagaimana mengatasinya?

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X