Kompas.com - 24/02/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi lockdown SHUTTERSTOCK/ZAMAN JORJIlustrasi lockdown

KOMPAS.com - Pembatasan aktivitas di tengah pandemi Covid-19 membawa dampak pada berbagai aspek. Salah satunya masalah kesehatan mental.

Banyak orang yang merasa terisolasi hingga mengalami stres karena sebagian besar waktunya harus dihabiskan di rumah saja.

Bahkan anak-anak turut merasakan dampak tersebut lantaran kegiatan belajar mengajar diselenggarakan dari rumah, dan kegiatan bermain bersama teman dibatasi.

Baca juga: Tanaman Hias Bikin Nirina Zubir Bahagia Saat Isolasi Mandiri

Namun fakta menarik diungkap dalam penelitian terbaru dari University of Bath di Inggris dan University of Lisbon di Portugal.

Peneliti menemukan, ada dampak positif dari pembatasan aktivitas, terkait pengembangan diri serta perubahan positif dalam hubungan keluarga, kesejahteraan spiritual, dan masih banyak lagi.

Dalam studi tersebut, sebanyak 88,6 persen responden mengaku mengalami perubahan positif selama pembatasan aktivitas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peneliti menyebut, kesulitan akibat pandemi Covid-19 telah menawarkan kesempatan untuk pelatihan pasca-trauma.

Menurut penulis utama studi, Prof. Paul Stallard dari Departemen Kesehatan University of Bath, meskipun pandemi membawa efek negatif, tetap ada hal positif yang terjadi.

"Banyak responden dalam penelitian kami mengaku menjalani hidup dengan lebih tenang dan lambat karena pembatasan aktivitas," kata Prof. Stallard.

Sisi positif

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
FEEL GOOD
Menjaga Mental
Menjaga Mental
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X