Kompas.com - 28/02/2021, 14:09 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Menjaga kekebalan tubuh dan menjalankan protokol kesehatan merupakan dua hal yang bisa melindungi kita dari penularan Covid-19. Apa yang kita konsumsi berperan penting dalam terciptanya daya tahan tubuh.

Berbagai penelitian menyimpulkan, menjaga kesehatan mikrobioma (ekosistem mikroorganisme) menjadi kunci menjaga kesehatan.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, keseimbangan bakteri di usus juga memperbaiki fungsi pencernaan, mengurangi peradangan, sampai mengurangi risiko kanker.

Overnight oat dengan campuran yogurt.Greenfields Overnight oat dengan campuran yogurt.
Cara paling mudah untuk memiliki keseimbangan bakteri usus adalah dengan rutin mengonsumsi probiotik. Misalnya saja yogurt, kefir, dan berbagai makanan fermentasi lainnya.

Baca juga: Benarkah Probiotik Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Yogurt menjadi pilihan banyak orang karena praktis dan juga memiliki beragam varian rasa. Yogurt adalah produk olahan susu yang telah difermentasi sehingga laktosa yang terkandung dalam susu telah berubah menjadi asam laktat.

Yogurt memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk tubuh kita seperti bakteri baik (probiotik) dan serat pangan yang dapat membantu fungsi sistem pencernaan dan memperkuat daya tahan tubuh; kalsium yang membantu memperkuat tulang dan gigi; Vitamin B6 dan B12, ribo?avin, kalium, magnesium.

Waspada tambahan gula

Yogurt yang sebenarnya, memiliki rasa yang asam sebagai akibat proses fermentasi laktosa menjadi asam laktat, jadi kita harus cermat dalam memilih produk mana yang adalah produk yogurt yang sebenarnya.

Baca juga: Mengolah Yogurt Jadi Kreasi Makanan Sehat

Perhatikan kembali rasa yogurt yang kamu konsumsi karena jika terlalu manis, kemungkinan yogurt sudah ditambahkan dengan kandungan gula yang cukup tinggi.

Yogurt juga terbuat dari susu asli, bukan susu bubuk, serta diproses dengan suhu tepat sehingga masih terdapat bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk diantaranya Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Pada dasarnya yogurt aman dikonsumsi setiap hari, namun sebaiknya tak lebih dari tiga cangkir perhari untuk mendapat manfaat yang optimal.

Untuk variasi rasa, kita bisa menambahkan buah-buahan sebagai topping yogurt atau jika ingin lebih praktis kit abisa membei produk yogurt yang telah mengandung buah-buahan.

Bosan dengan cara konsumsinya? Kita juga bisa mengolah yogurt menjadi berbagai jenis makanan sehat, seperti overnight oat, campuran smoothies, atau membuatnya jadi popsicle untuk anak.

Baca juga: Apakah Rasa Bahagia Tingkatkan Kekebalan Tubuh?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X